Home » Kebakaran Gudang Kertas, Diduga Akibat Ponsel Meledak Saat Isi Daya

Kebakaran Gudang Kertas, Diduga Akibat Ponsel Meledak Saat Isi Daya

by Addinda Zen
1 minutes read
Kebakaran Isi Daya

ESENSI.TV - JAKARTA

Terjadi kebakaran bangunan di Jalan Raya Setu, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (28/3) malam. Diketahui, bangunan yang terbakar merupakan rumah yang digunakan sebagai gudang kertas. Kasiops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jaktim, Gatot Sulaeman menyampaikan, penyebab kebakaran diduga berasal dari ponsel yang sedang melakukan isi daya.

“Sebab kebakaran diduga HP meledak. Kronologi, saat mengecas HP, terjadi ledakan yang mengakibatkan penyalaan,” ujarnya, dikutip dari Detikcom.

Proses pemadaman api melibatkan 5 unit mobil damkar dengan 25 orang personel. Damkar mulai melakukan pemadaman api setelah anggota Provost yang datang ke pos damkar pukul 18.17 WIB. Pemadaman api di area seluas 12 meter persegi itu berlangsung sekitar 16 menit,

Total kerugian dari peristiwa ini mencapai Rp10 juta. Tidak ada korban jiwa atau korban luka akibat kebakaran tersebut.

Gatot menyampaikan, ada total 20 karyawan gudang yang berhasil diselamatkan.

“25 personil dan lima unit mobil pompa air berhasil menghentikan api sehingga total 20 orang karyawan gudang terselamatkan,” jelasnya.

Baca Juga  Api Kebakaran Hutan di Chile Menjalar ke Permukiman, 99 Orang Tewas

Kebakaran Akibat Isi Daya Perangkat

Pengisi daya yang digunakan pada perangkat yang tidak sesuai dapat berbahaya dan mengakibatkan kebakaran. Baterai internal dikhawatirkan tidak dapat menangani tegangan yang berbeda, kemudian terbakar.

Tidak disarankan menggunakan pengisi daya yang dirasa telah rusak atau bukan barang asli bawaan perangkat. Selain itu, jangan memasukkan pengisi daya secara paksa ke stop kontak dinding serta menggunakan kabel ekstensi atau tambahan. Sambungan yang longgar menyebabkan sedikit guncangan pada logam, ini dapat memanaskan soket dan pengisi daya.

Selain itu, perangkat yang terlalu panas juga akan dapat merusak susunan kimiawi komponen telepon. Reaksi berantai ini disebut pelarian termal. Selanjutnya, dapat menyebabkan baterai menghasilkan lebih banyak panas dan akhirnya terbakar atau meledak.

Baterai menurun seiring waktu, jadi jika perangkat telah digunakan selama beberapa tahun, kemungkinan komponen internal melemah, menyebabkan pembengkakan dan panas berlebih.

Selalu perhatikan perangkat dan pengisi daya yang digunakan.

 

 

 

Editor: Raja H. Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life