Home » Kebun Raya Bogor: Taman Botani yang Megah 

Kebun Raya Bogor: Taman Botani yang Megah 

by Achmat
2 minutes read
Kebun Raya Bogor

ESENSI.TV - Jakarta

Kebun Raya Bogor, yang terletak di Jalan Ir. Haji Juanda, Bogor, Indonesia, adalah perwujudan keindahan hijau yang melibatkan pengunjung dalam petualangan botani yang menakjubkan. Dengan luas lebih dari 80 hektar, taman ini bukan hanya destinasi wisata, tetapi juga merupakan warisan bersejarah yang memancarkan kekayaan alam Indonesia.

Kebun Raya Bogor didirikan pada tahun 1817 oleh Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles. Awalnya disebut “s Lands Plantentuin,” taman ini bertujuan sebagai tempat penelitian dan pelestarian tanaman langka dari seluruh dunia. Keberadaannya menjadikannya taman raya pertama di Indonesia dan yang ketiga di dunia setelah Kew Gardens di Inggris dan Kebun Raya Perancis.

Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, Kebun Raya Bogor mengalami perkembangan signifikan. Sejumlah tanaman eksotis dan koleksi tumbuhan dikumpulkan di sini untuk kepentingan ilmiah dan penelitian. Kebun ini menjadi pusat studi bagi para ahli botani yang tertarik pada kekayaan flora di kepulauan Nusantara.

Selama masa pendudukan Jepang (1942-1945), Kebun Raya Bogor mengalami perubahan nama menjadi “Shin’ingakuen.” Namun, setelah Indonesia merdeka, taman ini mendapatkan kembali identitasnya sebagai Kebun Raya Bogor. Nama “Buitenzorg” yang diberikan oleh Belanda juga dikembalikan kepada kota Bogor.

Kebun Raya Bogor memiliki lebih dari 15.000 spesies tanaman yang terdiri dari tanaman asli Indonesia hingga tanaman eksotis dari seluruh dunia. Tanaman langka seperti Rafflesia arnoldii, bunga bangkai terbesar di dunia, dan tanaman obat tradisional Indonesia dapat ditemukan di sini.

Baca Juga  Peristiwa Bersejarah: Perang 10 November dan Peninggalannya

Taman ini juga menjadi rumah bagi beberapa monumen bersejarah, termasuk Patung Sir Thomas Stamford Raffles yang diresmikan pada tahun 1914. Selain itu, Istana Bogor yang dulunya menjadi kediaman resmi Gubernur Jenderal Belanda, kini menjadi kompleks kediaman presiden.

Penelitian dan Edukasi

Kebun Raya Bogor tidak hanya menjadi tempat rekreasi, tetapi juga pusat penelitian dan edukasi. Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki hubungan erat dengan kebun ini dan sering menggunakan fasilitasnya untuk kegiatan riset dan pembelajaran.

Dengan keberadaan berbagai program konservasi, Kebun Raya Bogor berkomitmen untuk melestarikan keanekaragaman hayati dan warisan alamnya. Melalui pendekatan keberlanjutan, taman ini terus berupaya menjadi wahana edukasi lingkungan dan sumber inspirasi bagi pelestarian alam.

Sebagai landmark bersejarah dan taman botani terbesar di Indonesia, Kebun Raya Bogor tidak hanya memberikan pemandangan yang memukau tetapi juga memainkan peran penting dalam menjaga keanekaragaman hayati. Sejarah panjangnya dan keindahan alamnya menjadikannya destinasi yang tak boleh dilewatkan bagi mereka yang ingin merasakan keajaiban dunia botani.

#beritaviral
#faktamenarik

Editor: Agita Maheswari

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life