Home » Kemenag-Kemenkop UKM Sepakat Sinergi Percepatan Sertifikasi Halal

Kemenag-Kemenkop UKM Sepakat Sinergi Percepatan Sertifikasi Halal

by Junita Ariani
1 minutes read

ESENSI.TV - JAKARTA

Kementerian Agama (Kemenag) bersama Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) sepakat bersinergi untuk percepatan sertifikasi halal.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Muhammad Aqil Irham mengatakan, tahun ini BPJPH memiliki kuota satu juta sertifikasi halal gratis (SEHATI).

“Kuota ini dapat dimanfaatkan pelaku usaha mikro keci (UMK) yang menjadi binaan Kemenkop UKM,” kata Aqil.

Aqil mengatakan itu dalam rapat koordinasi yang digelar secara daring, Rabu (17/5/2023) di Jakarta. Rapat tersebut diikuti Asisten Deputi Perlindungan dan Kemudahan Usaha Mikro Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM,  Rahmadi.

Aqil juga berharap Dinas Kemenkop UKM di tiap provinsi bisa memberikan kontribusi dengan memberikan fasilitasi sertifikasi halal di daerah.

“Kami berharap Kemenkop UKM memberikan dukungan dalam bentuk fasilitasi sertifikasi halal yang merata melalui dinas-dinasnya di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Rahmadi mengatakan, Kemenkop UKM berkomitmen mendukung BPJPH dalam program percepatan sertifikasi halal. Khususnya melalui Sehati bagi pelaku UMK.

Dikatakannya, Kemenkop UKM sangat mendukung BPJPH dalam pengalokasian program 1 juta sertifikasi halal gratis bagi pelaku UMK.

Baca Juga  KemenPPPA: Anak-anak Korban Bentrok Aparat-Warga Rempang Berisiko Alami Trauma

Untuk itu Kemenkop UKM dan BPJPH berupaya mengkoordinasikan ini bersama para perangkat teknis daerah yang membidangi Koperasi dan UKM.

“Juga Kanwil Kemenag, untuk bersama-sama bersiap melaksanakan percepatan fasilitasi sertifikasi halal self declare,” kata Rahmadi.

Menurutnya, pertemuan koordinasi dalam rangka upaya percepatan sertifikasi halal bagi UMK ini sangat penting. Terutama dalam meningkatkan akselerasi pengembangan UMKM industri halal, yang pada gilirannya dapat mempercepat terbentuknya ekosistem digilal ekonomi syariah di Indonesia.

Rahmadi juga mengatakan, sertifikasi halal menjadi salah satu elemen penting penguatan produk UMK menjadi lebih berkualitas dan berdaya saing.

“Mari kita bangkit memperkuat peran UKM dalam perekonomian nasional. Menciptakan lapangan kerja, mengentaskan kemiskinan khususnya dengan mempercepat terbentuknya ekosistem ekonomi syariah di Indonesia. Juga, meningkatkan daya saing produk UMKM di tingkat domestik dan global,” pungkasnya. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life