Home » Kemenag Seleksi 847 Calon Guru Madrasah Unggulan

Kemenag Seleksi 847 Calon Guru Madrasah Unggulan

by Ale Luna
1 minutes read
Kemenag Seleksi 847 Calon Guru Madrasah Unggulan/Kemenag

ESENSI.TV - JAKARTA

Kementerian Agama atau Kemenag seleksi 847 calon guru madrasah unggulan. Diketahui, Kemenag masih membutuhkan 342 guru dan tenaga kependidikan (GTK) di madrasah unggulan.

Hal tersebut tercermin dalam peta kebutuhan GTK pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Unggulan tahun 2022. Kekurangan itu tampak dari hasil perhitungan antara mata pelajaran dan rombongan belajar. Kekurangan ini juga di luar proses seleksi PPPK tahun 2022.

Untuk memenuhi hal tersebut, maka dibuka seleksi calon GTK Madrasah Unggulan. Total ada 847 yang mendaftar dalam seleksi ini.

Ada 35 MAN Unggulan yang menjadi binaan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, yaitu: 23 MAN Insan Cendekia, 10 MAN Penyelenggara Program Keagamaan (MAN-PK), dan 2 MAN Kejuruan (MAKN).

“Seleksi GTK Madrasah Unggulan diikuti para ASN, baik PNS maupun PPPK, yang bertugas di luar madrasah tersebut. Seleksi juga diikuti pendaftar Non ASN,” terang Direktur GTK Madrasah M Zain dalam keterangan resminya, dikutip Senin (29/5).

Dalam prosesnya, seleksi ini melibatkan Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Agama dan juga Inspektorat Jenderal. “Pelibatan dua unit eselon satu ini dimaksudkan agar sejak awal berbagai permasalahan kepegawaian dapat dimitigasi sejak dini,” ujar M. Zain.

Baca Juga  Sambut Ramadan, 50 Dai Moderat Dikirim ke Wilayah 3T Hingga 19 April

Ada sejumlah tahapan yang harus dikuti peserta, mulai dari seleksi berbasis computer (CBT) serta berbasis domisili, hingga wawacara bagi mereka yang lolos CBT.

Dalam pelaksanaan CBT, Kemenag menggandeng UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kampus ini dinilai berpengalaman sebagai tempat ujian kompetensi (TUK) pada pelaksanaan Uji Pengetahuan (UP) Pendidikan Profesi Guru.

“CBT sudah digelar. Wawancara akan digelar Juni 2023,” ujar dia.

Untuk peserta calon Kepala Madrasah yang lolos tahap CBT akan diundang ke Jakarta dan diwawancarai oleh tim ekspert dan para stakeholder MAN Unggulan. Sedangkan untuk calon guru akan diwawancarai di MAN yang jadi pilihan pendaftar.

Ditargetkan pada akhir Juni 2023, semua tahapan seleksi sudah rampung.*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral

#beritaetrkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life