Home » Kepercayaan Publik Terhadap KPK Terus Menurun

Kepercayaan Publik Terhadap KPK Terus Menurun

by Raja H. Napitupulu
2 minutes read
KPK

ESENSI.TV - JAKARTA

Direktur Eksekutif Indikator Politik, Prof. Burhanuddin Muhtadi menilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membutuhkan kepercayaan publik agar tetap dapat menjalankan fungsinya.

Hasil survei Indikator Politik Indonesia menyimpulkan terjadi tingkat penurunan kepercayaan publik terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), khususnya pasca-revisi undang-undang lembaga itu.

Lembaga Antirasuah bahkan kini berada di posisi ketujuh dari total sepuluh instansi yang dijadikan opsi dalam jajak pendapat.

“KPK levelnya hanya di atas lembaga-lembaga politik, di bawah Kejaksaan, Polri, MK,” ujar dia saat siaran YouTube Sahabat ICW, Minggu (12/05/2024).

Burhanuddin menjelaskan, hanya 14,5 persen responden yang menyatakan sangat percaya kepada KPK. Sementara itu, ada 47,6 persen responden menyatakan cukup percaya terhadap KPK.

Sisi sebaliknya, sekitar 25 persen responden menyatakan kurang percaya dengan KPK. Dan sebanyak 9,6 persen responden menyatakan tidak percaya sama sekali terhadap KPK. Sedangkan 3,4 persen responden tidak menjawab.

Klaim itu, kata dia, didasari atas hasil survei Indikator Politik pada 4-5 April 2024.

Ia menilai, penurunan itu berbahaya sebab KPK membutuhkan bantuan publik untuk tetap eksis memberantas korupsi di Indonesia.

“Saatnya kembali menaikkan iman publik terhadap KPK,” ungkapnya.

Baca Juga  Data Sementara, 92 Rumah Warga Tanimbar Diidentifikasi Rusak Akibat Gempa 7,5M

Lembaga Lain

Sementara itu, DPR dan Partai Politik berada di bawah KPK. Secara berturut-turut, lembaga yang paling dipercaya publik adalah TNI, kemudian lembaga Presiden. Lalu Kejaksaan Agung di posisi ketiga. Keempat, Mahkamah Konstitusi. Kelima, lembaga pengadilan, dan keenam, Polri.

Akhir tahun 2023 lalu, Centre for Strategic and International Studies (CSIS) mencatat kepercayaan publik terhadap KPK semakin mengkhawatirkan. Di antara penegak hukum lain, posisi KPK paling buncit.

KPK mendapat angka 58,8, atau berada di atas DPR yang mendapat angka 56,2 persen. Lembaga paling tinggi dipercaya publik adalah TNI. Angkanya mencapai 91,2 persen.

Kemudian, dilanjutkan kepercayaan kepada presiden tercatat pada angka 86,1 persen. Berikutnya, Kejaksaan Agung 73,8 persen, Mahkamah Agung (MA) 73,5 persen, Mahkamah Konstitusi (MK) 67,3 persen, Polri 65,5 persen, serta DPD 60,4 persen.

Survei CSIS dilaksanakan pada 13-18 Desember 2023. Jajak pendapat itu dilaksanakan melalui wawancara tatap muka dengan melibatkan 1.300 responden.

Metode yang digunakan yakni multistage random sampling. Margin of error survei kurang lebih 2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Editor: Raja H. Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life