Home » Keren! Tahun 2022, Indonesia Negara Tercantik di Dunia

Keren! Tahun 2022, Indonesia Negara Tercantik di Dunia

by Administrator Esensi
3 minutes read
Wisata Indonesia

ESENSI.TV - JAKARTA

Data yang diterbitkan forbes.money.co.uk dan Sea Stats menempatkan Indonesia sebagai negara tercantik di dunia pada tahun 2022 lalu. Sementara itu, empat negara Asean lainnya masuk dalam posisi 41 besar dunia.

Masing-masing adalah Filipina yang menempati posisi 17 sebagai negara tercantik di dunia. Berikutnya, Malaysia posisi 24, Thailand 38, dan Myanmar 41.

Berikut urutan posisi negara tercantik di dunia:

Negara TercantikNegara Tercantik

20 Tujuan Wisata di Indonesia yang Mendunia

Berikut ini tujuan wisata Indonesia yang terkenal dan populer di dunia. Dari pemandangan alam yang indah, hingga peninggalan sejarah yang fenomenal.

1. Pura Besakih

Pura terbesar dan termegah di Bali. Pulau ini terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, berada di lereng sebelah barat daya Gunung Agung, gunung tertinggi di Bali.

Pura Agung Besakih memiliki gaya arsitektur yang mengagumkan khas Bali dan berada di ketinggian 915 kaki di kaki Gunung Agung dengan memukau. Bangunan yang dibangun sejak abad ke-10 Masehi ini menjadi pusat kegiatan spiritual Hindu Dharma di Pulau Dewata.

2. Kepulauan Derawan

Sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah objek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia.

3. Taman Nasional Way Kambas Lampung

Ditetapkan sebagai kawasan Taman Warisan ASEAN (ASEAN Heritage Park) yang ke-36, pada tanggal 25 Juli 2016. Artinya, Taman Nasional Way Kambas ini menjadi Taman Warisan ASEAN ke-4 di Indonesia.

Terletak di ujung selatan Sumatera atau 110 km dari Bandar Lampung, TNKW merupakan salah satu Taman Nasional pertama dan tertua di Indonesia. Taman Nasional ini menempati 1.300 km persegi dari hutan dataran rendah pantai sekitar Sungai Way Kambas di pantai timur Provinsi Lampung.

4. Pantai Parai Tenggiri, Bangka Belitung

Menjadi lokasi film populer Laskar Pelangi. Berbeda dengan pantai lain pada umumnya, Parai Tenggiri memiliki struktur pantai yang landai dengan air laut berwarna hijau toska serta pasir putihnya yang lembut. Ombak di pantai ini juga tenang sehingga menjadi salah satu alasan yang menarik bagi wisatawan yang senang berenang.

5. Nusa Dua, Bali

Tidak perlu diragukan lagi terkait keindahan dan pesonanya dalam memikat para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Objek wisata pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang berwarna biru jernih.

6. Gunung Rinjani, Lombok, NTB

Merupakan gunung berapi tertinggi kedua yang ada di Indonesia.  Gunung Rinjani memiliki pemandangan terindah se-Asia dengan hamparan bunga edelweis dan Danau Segara Anak. Di tempat ini juga bisa menjadi spot menarik bagi para pendaki untuk mendirikan tenda, mandi air hangat, maupun memancing ikan.

7. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria. Objek wisata Indonesia yang terkenal di dunia ini memiliki luas 1.145 kilometer persegi. Di tengah danau terdapat Pulau Samosir yang luasnya hampir sebanding dengan negara Singapura. Danau ini juga termasuk salah satu danau terdalam di dunia dengan kedalaman sekitar 450 meter.

Baca Juga  Petra: Kota Batu Kuno yang Menakjubkan

8. Nusa Penida, Bali

Pilihan tepat bagi yang suka melakukan Island Hoping, dan menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling.

9. Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara

Merupakan salah satu objek wisata di Indonesia karena keindahan kehidupan di dalam laut. Di dalam taman laut ini terdapat 13 jenis terumbu karang yang didominasi dengan bebatuan laut. Juga ada terumbu karang terjal vertikal yang menjulang ke bawah sedalam 25 – 50 meter, dengan 91 jenis ikan yang ada di dalamnya.

10. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Memiliki luas 13.900 km2, memiliki tak kurang dari 112 jenis terumbu karang yang bersimbiosis dengan ikan-ikan bawah laut sehingga menciptakan panorama bawah laut yang tiada tanding.

11. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Merupakan 4 pulau indah yang merupakan penghasil lukisan batu kuno. Empat pulau utama yang dimaksud adalah Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool. Luas wilayah pulau mencakup hingga 4,6 juta hektar tanah dan laut, memiliki 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska.

12. Gunung Bromo, Jawa Timur

Salah satu gunung berapi yang masih aktif ini memiliki pesona khas berupa gurun pasir yang sangat luas.

13. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Merupakan rumah bagi ratusan Komodo, hewan endemik yang hanya ada di Indonesia. Selain itu, ada pantai dengan pasir berwarna merah muda yang dikenal dengan nama “Pink Beach”.

14. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Candi Budha terbesar di dunia dengan luas tak kurang dari 123 X 123 meter, candi yang dibangun pada masa kerajaan Mataram kuno ini merupakan warisan budaya dan sejarah Indonesia yang terkenal akan arsitektur yang memukau. Borobudur sendiri memiliki total tak kurang dari 504 arca Buddha dan 2.672 panel relief pada dinding-dindingnya.

15. Tana Toraja (Sulawesi Selatan)

Memiliki keindahan arsitektur tradisional rumah tongkonan, juga memiliki tradisi unik upacara kematian yang dikenal sebagai Rambu Solo yang biasanya diselenggarakan pada Juli dan Agustus.

16. Gili Trawangan, NTB

Tujuan wisata yang memiliki kombinasi langit biru dengan semburat awan putih, jernihnya air laut dibingkai pasir putih.

17. Goa Gong, Jawa Timur

Merupakan salah satu goa terindah di Asia Tenggara.

18. Danau Kelimutu, NTT

Danau vulkanik yang berada di puncak Gunung Kelimutu. Pemandangan danau dengan tiga warna yakni hijau, putih dan biru.

19. Ngarai Sianok, Sumatra Barat

Jurang yang membentang sepanjang 15 kilometer dengan kedalaman lebih dari 100 meter, membentuk patahan alam yang indah tiada duanya.

20. Kawah Ijen, Jawa Timur

Memiliki blue fire atau pesona api biru yang menyala dari kawah Gunung Ijen.

 

Editor: Raja H. Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life