Home » Ketemu Wapres di Abu Dhabi, PMI Sampaikan Uneg-uneg Termasuk Upah Belum Dibayar

Ketemu Wapres di Abu Dhabi, PMI Sampaikan Uneg-uneg Termasuk Upah Belum Dibayar

by Junita Ariani
2 minutes read
Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin melakukan perbincangan akrab dan hangat dengan beberapa pekerja migran Indonesia atau PMI di Abu Dhabi.

ESENSI.TV - ABU DHABI

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin melakukan perbincangan akrab dan hangat dengan beberapa pekerja migran Indonesia atau PMI di Abu Dhabi.

Para pekerja pun kesempatan menyampaikan uneg-unegnya kepada Wapres selama bekerja di PEA (Persatuan Emirat Arab).

“Iya, ini mau pulang. Tapi belum dibayar (upah kerja oleh agen),” cerita Yuni, PMI asal Jakarta kepada Wapres.

Yuni menceritakan itu saat Wapres meninjau ruang-ruang pelayanan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Abu Dhabi di Al Yaqout Street, Embassies District, Plot 42, Sector W59-02, Senin (5/2/2024).

Beberapa ruangan yang ditinjau Wakil Presiden diantaranya Ruang pelayanan konsuler, Ruang PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri. Dan, ruang penampungan PMI.

Mendengar hal tersebut, Wapres pun segera memberi arahan kepada jajaran pejabat/pegawai di KBRI Abu Dhabi untuk menyelesaikan hal tersebut. Dan, memberikan perlindungan terbaik.

“Jangan sampai, keringat yang sudah keluar tidak dibayarkan. Tolong dibantu urus ya,” tutur Wapres kepada jajaran pejabat/pegawai KBRI Abu Dhabi.

“Baik, pak,” jawab mereka dengan sikap.

Di sisi lain, Syeni, PMI lainnya asal Indramayu pun turut curhat kepada Ma’ruf Amin. Ia menyebutkan, apabila memiliki modal dan pendampingan, dirinya ingin dapat mendapatkan penghasilan di Indonesia.

Baca Juga  Ini Agenda Kerja Wapres di Bali dan Jatim, Rabu 6 Desember

“Insya Allah tidak (ingin kembali menjadi PMI). Kalau punya modal pengen usaha di rumah,” papar Syeni.

Beri Semangat kepada PMI

Mendengar hal tersebut, Wapres pun memberi semangat dan menyampaikan bahwa di Indonesia saat ini juga telah banyak pendampingan untuk tenaga kerja.

Ia memberi semangat agar seluruh PMI tetap semangat, baik dalam mencari nafkah di luar negeri maupun di Indonesia.

“Saya temukan di Banyuwangi ada pernah pekerja migran di Saudi. Kemudian (ketika kembali di tanah air) dilatih untuk melakukan produksi (UMKM) sendiri terus dia jual. Waktu itu dilakukan latihan,” imbuh Wapres.

“Saya doakan ibu-ibu kembali ke Indonesia dengan selamat, dapat berkumpul bersama keluarga, dan mendapatkan penghasilan yang baik,” pungkasnya.

Hadir mendampingi Wapres dalam peninjauan ini, Istri Duta Besar Indonesia untuk PEA Farida Husein Bagis. KUAI (Kuasa Usaha Ad Interim) Zaenal Abidin dan Istri, serta Konsul Jenderal RI di Dubai K. Chandra Negara beserta istri. *
#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life