Home » Ketua DPR RI Tawarkan HGU 190 Tahun di IKN Kepada Investor Jepang

Ketua DPR RI Tawarkan HGU 190 Tahun di IKN Kepada Investor Jepang

by Erna Sari Ulina Girsang
1 minutes read
Ketua DPR RI Puan Maharani bersalaman dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Kantor Perdana Menteri Jepang, Tokyo, Selasa (10/10/2023). Foto: DPR RI/Ist/nr

Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak investor Jepang untuk menanamkan modalnya dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan dengan mendapatkan hak guna usaha (HGU) selama 190 tahun.

HGU bagi investor, jelas Puan, telah disahkan dalam revisi Undang-Undang (UU) Nomor 3 tahun 2022 tentang IKN.

Selain itu, Puan juga mendorong komitmen perusahaan otomotif Jepang untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi, khususnya untuk kendaraan listrik.

Dia mengatakan Pemerintah Indonesia tengah menggencarkan penggunaan kendaraan listrik untuk mengurangi pemanasan global.

“Tentunya kami berharap Jepang dapat menjadi sahabat yang turut berinvestasi di Indonesia dalam berbagai sektor. Seperti di bidang otomotif, maupun juga dalam pembangunan IKN Nusantara yang sudah berjalan,” ujar Ketua DPR RI, dalam pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Kantor Perdana Menteri Jepang, Tokyo, Selasa (10/10/2023).

Pertemuan bilateral ini diselenggarakan dalam rangkaian kunjungan kerja Puan ke Jepang selama beberapa hari.

Hubungan Diplomatik RI Jepang 65 Tahun

Kunjungan Delegasi DPR yang dipimpin Puan itu juga bertepatan dengan 65 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Jepang. Bagi Indonesia, Jepang merupakan mitra dagang ketiga terbesar.

Baca Juga  Pembebasan Lahan IKN Nusantara Jangan Jadi Konflik Agraria Baru

Seperti dilansir dari keterangan DPR RI, pada kesempatan itu, Puan juga mengungkapkan kerja sama Indonesia-Jepang bisa menjadi motor penggerak kemajuan ekonomi di Asia.

Dalam pertemuannya dengan PM Fumio Kishida, Puan didampingi oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris, Anggota Komisi V DPR RI Irine Yusiana Roba Putri, Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi, serta Sekjen DPR RI Indra Iskandar.

Sementara itu, PM Jepang Fumio Kishida didampingi oleh Wakil Ketua Sekretaris Kabinet Moriya Hiroshi, Wakil Menteri Luar Negeri Funakoshi Takehiro dan Wakil Ditjen Biro Urusan Asia dan Oseania Hayashi Makoto.

“Dua negara kita sudah menjadi sahabat dekat selama lebih dari enam dekade, dengan kerjasama yang erat dalam berbagai bidang, mulai dari ekonomi, pendidikan, hingga pertukaran budaya,” ucap Puan.

Dengan banyaknya kunjungan masyarakat kedua negara, Puan berharap Indonesia dengan Jepang terus berupaya mengembangkan persahabatan.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaviral
#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life