Home » Kominfo Siapkan Akses Informasi untuk Penyandang Disabilitas

Kominfo Siapkan Akses Informasi untuk Penyandang Disabilitas

by Ale Luna
1 minutes read
Kominfo Siapkan Akses Informasi untuk Penyandang Disabilitas /Kominfo

ESENSI.TV - JAKARTA

Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo siapkan akses informasi untuk penyandang disabilitas.  Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan komunikasi dan informasi publik oleh badan publik negara. 

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong menyatakan, sebagai regulator telah  membuat kebijakan di bidang informasi dan komunikasi yang inklusif. Salah satunya dengan penyediaan akses informasi melalui info.go.id.

“Berupa rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika tentang Layanan Komunikasi dan Informasi Publik yang ramah Bagi Penyandang Disabilitas.” kata Usman dalam keterangan resminya, Jumat (12/5).

Penyusunan kebijakan tersebut merupakan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 70 tahun 2019 tentang Perencanaan, Penyelenggaraan, dan Evaluasi terhadap Penghormatan, Pelindungan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

“Kementerian Kominfo memiliki tanggungjawab untuk menyusun kebijakan dan standar operasional layanan komunikasi dan informasi publik yang mudah diakses, andal, dan responsif terhadap kebutuhan penyandang disabilitas. Kebijakan yang bersifat inklusif ini diharapkan dapat memenuhi hak penyandang disabilitas dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi,” un Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Ditjen IKP Hasyim Gautama.

Baca Juga  Kiriman Pos Saat Lebaran Capai 2,2 Juta

Dia menjelaskan, keberadaan layanan informasi publik menjadi acuan bagi masyarakat untuk memperoleh informasi yang valid, yang selain itu juga menjadi penyediaan informasi publik yang mudah diakses terutama bagi disabilitas.

”Tidak hanya mengakses informasi melalui internet, tetapi kita juga perlu meningkatkan melalui kemudahan tersebut dengan menginterasikan Layanan Komunikasi dan Informasi Publik melalui aplikasi umum,” ujarnya.

Informasi lain terkain Kementerian Komunikasi dan Informatika bisa akses laman resmi www.kominfo.go.id,*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral

#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life