Home » KPU Kabupaten/kota Sudah Terima Logistik Pemilu 2024 Bertahap

KPU Kabupaten/kota Sudah Terima Logistik Pemilu 2024 Bertahap

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Ilustrasi Pemilu. Foto: Ist

ESENSI.TV - JAKARTA

Dalam waktu 37 hari menuju hari pemungutan suara Pemilu tahun 2024, progres perlengkapan pemungutan suara di gudang logistik serta tempat penyortiran dan pelipatan surat suara perlu dipantau perkembangannya dalam rangka memastikan seluruh rangkaian telah berjalan sesuai prosedur dan tepat waktu.

Berdasarkan hal tersebut, Ketua KPU Hasyim Asy’ari bersama Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno melakukan Monitoring Gudang Logistik dan Sortir Lipat Surat Suara Pemilu Tahun 2024, di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (3/1/2023).

“Berdasarkan hasil pengecekan, gudang logistik KPU Cianjur sudah memenuhi standar, seperti memiliki kapasitas besar dan adanya ketersediaan palet mencegah kelembaban serta rembesan air ketika terjadi banjir,” kata Hasyim, dalam KPU.

Hasyim menjelaskan, sejak Desember 2023 KPU kabupaten/kota di Indonesia termasuk KPU Cianjur, sudah menerima logistik untuk keperluan Pemilu 2024 secara bertahap, termasuk surat suara yang akan digunakan tanggal 14 Februari 2024.

Lima Surat Suara

Terdapat lima jenis surat suara yang sudah diterima KPU Cianjur, mulai dari surat suara untuk Pemilu Presiden, Pemilu DPR-RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota-Kabupaten dan DPD, selanjutnya akan dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara dengan target waktu selama 10 hari.

“Kami menargetkan dalam durasi 10 hari sudah selesai penyortiran, pelipatan surat suara hingga pengemasan dengan hasil akhir semua dimasukkan ke dalam kotak suara per TPS. Kami minta KPU Cianjur membuat laporan progres setiap hari dari lima jenis surat suara,” lanjutnya.

Baca Juga  Sah! Kaesang Pangarep Bergabung ke Partai "Mawar" PSI, Ini Kata Jokowi

Hasyim mencontohkan surat suara yang tercapai pelipatannya berapa jumlahnya, dan meminta KPU Kabupaten Cianjur agar dapat membuat progress report setiap hari setelah 5 jenis surat suara selesai dilipat untuk mengukur capaian harian, serta diinformasikan kepada KPU provinsi, KPU pusat, kepolisian, kejaksaan, TNI, dan pemerintah daerah, serta membuat rilis untuk media agar perkembangannya dapat dibaca dan diketahui oleh publik.

Sementara itu, Bernad mengingatkan untuk mengatur pola kerja petugas sortir lipat secara efisien, dengan membagi menjadi 2 shift, sehingga pekerjaan akan selesai sesuai dengan target yang ditentukan.

Dalam hal ini, penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024, KPU Cianjur akan melibatkan ratusan orang yang terdiri dari berbagai kalangan masyarakat di Cianjur.

Tahapan selanjutnya, pendistribusian ke masing-masing PPK se-Kabupaten Cianjur pada H-3 sebelum pencoblosan, selanjutnya pada H-2 sudah disebar ke setiap desa dan H-1 sudah tersebar di setiap TPS.

Sedangkan logistik yang sudah terpenuhi 100 persen tersimpan di gudang, tambah dia, seperti tinta dengan kebutuhan 14.556 botol, kotak surat suara sebanyak 36.454 unit, bilik suara dengan rincian 29.112 unit, dan segel 735.790 keping.

Agenda pemantauan gudang logistik ini turut dihadiri Plt. Deputi Administrasi Suryadi, Kepala Biro Logistik Novhy Hasbhy Munnawar, jajaran KPU Provinsi Jawa Barat, KPU Kabupaten Cianjur, Bawaslu Kabupaten Cianjur, Polres Cianjur dan jajaran Pemerintah Kabupaten Cianjur.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life