Home » Kunjungi Fuzhou, Menteri Trenggono: RRT Pasar Strategis Produk Perikanan Indonesia

Kunjungi Fuzhou, Menteri Trenggono: RRT Pasar Strategis Produk Perikanan Indonesia

by Junita Ariani
2 minutes read

ESENSI.TV - FUZHOU, RRT

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menjajaki potensi kerja sama di sektor perikanan dengan pemerintah Kota Fuzhou, Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Fuzhou merupakan Ibu Kota Provinsi Fujian dan dijuluki sebagai Kota Maritim. Hal itu lantaran letak wilayahnya dan perkembangan industri kelautannya yang sangat pesat.

“Pagi tadi kami sempat meninjau beberapa industri perikanan di Fuzhou dan kami memandang Indonesia bisa bekerja sama. Dan, ada banyak produk perikanan Indonesia yang bisa diekspor ke Fuzhou,” ungkap Menteri Trenggono.

Trenggono mengatakan itu saat bertemu Anggota Komite Tetap Partai Komunis China (CPC) Provinsi Fujian yang juga Sekretaris Komite CPC Fuzhou, Lin Bao Jin di Fuzhou, Jumat (26/5/2023).

Kunjungan Menteri Trenggono ke Fuzhou dalam rangka kerja sama Two Countries Twin Park antara Pemerintah Indonesia dengan RRT. Khususnya di bidang kelautan dan perikanan.

Menteri Trenggono juga bertemu dengan Walikota Pemerintah Rakyat Kota Fuzhou Mr Wu Xiande, serta sejumlah pelaku industri perikanan.

RRT termasuk pasar strategis produk perikanan Indonesia. Di mana nilai ekspor tahun lalu mencapai USD1,12 miliar atau meningkat 26,29% dari tahun 2021. Produk perikanan utama ekspor mencakup udang, cumi sotong gurita, rumput laut, serta rajungan kepiting.

Kerja Sama Bidang Lain

Selain potensi kerja sama perdagangan, Menteri Trenggono menawarkan kerja sama di bidang lain. Seperti perikanan budidaya, tangkap, hingga industri pengolahan untuk dapat dikembangkan di Indonesia.

Baca Juga  Kalahkan Thailand Skor 5:2, Indonesia Raih Medali Emas Cabor Sepak Bola SEA Games 2023

“Indonesia juga memiliki sumberdaya perikanan tangkap dan budidaya yang besar, didukung teluk yang menarik dan pesisir yang luas. Tata kelola perikanan Indonesia juga mengedepankan prinsip ekonomi biru yang mengutamakan keberlanjutan,” paparnya.

Lin Bao Jin, Anggota Komite Tetap Partai Komunis China Provinsi Fujian menyambut baik usulan kerja bidang perikanan antara KKP dengan Pemerintah Fuzhou.

Apalagi keduanya memiliki komitmen yang sama dalam menjaga keberlanjutan ekologi kelautan, dan telah memiliki payung kerja sama yang lebih besar yakni Two Countries Twin Park.

“Kita punya pendapat yang baik tentang pendalaman kerja sama strategis antara China dan Indonesia. Pendalaman implementasi pembangunan “Dua Negara, Dua Taman”. Dan penguatan pertukaran dan pertukaran antara Indonesia dan Fuzhou, Provinsi Fujian,” ungkap Lin Bao Jin.

Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Doni Ismanto menambahkan, dalam agenda kerjanya di Fuzhou, Menteri Trenggono diantaranya telah mengunjungi Group Perikanan Hongdong. Dan, Mawey Mingceng Aquatic Product Market yang menjadi bagian industri perikanan modern di wilayah itu. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life