Home » Lake Toba Fashion Week 2023, Hassanudin Sebut Kekayaan Sumut Hebat

Lake Toba Fashion Week 2023, Hassanudin Sebut Kekayaan Sumut Hebat

by Junita Ariani
2 minutes read
Persembahan tarian etnis se-Danau Toba oleh ratusan anak mengawali pembukaan Lake Toba Fashion Week 2023 di Geosite Sipinsur, Desa Pearung, Kecamatan Paranginan, Humbahas, Jumat (6/10/2023).

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin membuka Lake Toba Fashion Week (LTFW) 2023. Kegiatan yang berlangsung hingga 8 Oktober 2023 ini digelar di Geosite Sipinsur, Desa Pearung, Kecamatan Paranginan, Humbahas, Jumat (6/10/2023).

Kegiatan tersebut mengungkapkan kebanggaannya atas keragaman dan kekayaan yang dimiliki Sumut. Hal itu terlihat dari produk budaya yaitu wastra.

“Saya bangga dan Sumut memang hebat dan luar biasa,” ungkap Hassanudin pada pembukaan Lake Toba Fashion Week 2023.

Ribuan pengunjung memadati kawasan hutan pinus Geosite Sipinsur, Humbang Hasundutan (Humbahas).

Hasaanudin optimis wastra Sumut memiliki daya saing yang tinggi di tingkat nasional hingga internasional. Ia berharap para pengrajin dapat terus berinovasi mengembangkan karyanya sehingga akan terus hidup.

“Saya yakin potensi Sumut sangat baik dan berdaya saing tinggi,” kata Hassanudin, yang hadir bersama Pj Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumut Dessy Hassanudin.

Menurutnya pagelaran busana dapat meningkatkan pengembangan kreativitas desainer dan pengrajin dalam membuat karyanya. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut sangat mendukung kegiatan tersebut.

“Kami Pemprov Sumut mendukung dan menyambut baik kegiatan ini, mengingat kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai upaya pembinaan dan peningkatan kreativitas desainer di Sumut,” kata Hassanudin.

Ia menyebut Danau Toba merupakan kebangaan Sumut. Diharapkan kegiatan tersebut dapat juga mempromosikan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Superpriotitas Nasional.

Baca Juga  Satgas P2S Dimbau Tancap Gas Turunkan Angka Stunting di Sumut Sebesar 18%

Turut hadir Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, Bupati Samosir Vandiko T Gultom.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas Sitorus, Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut Baharudin Siagian dan OPD Pemprov Sumut lainnya.

Pembukaan Lake Toba Fashion Week ditandai dengan pemukulan taganding oleh Pj Gubernur Sumut bersama Pj Ketua Dekranasda Sumut, serta para bupati yang hadir.

Perlu Sinergi yang Kuat

Adapun beragam kegiatan yang dilaksanakan di antaranya pagelaran busana, workshop, pagelaran seni, pameran UMKM. Bahkan kegiatan tersebut juga akan diisi hiburan dari Lyodra Ginting dan lainnya.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom mengatakan, untuk meningkatkan potensi unggulan seperti kearifan lokal dan pariwisata diperlukan sinergi yang kuat.

“Seluruh sisi berpartisipasi, pemerintah, UMKM dan sebagainya ambil peran, ini penting, mari kita tinggalkan ego sektoral. Pariwisata dan kearifan lokal akan berjalan baik kalau kita bekerja bersama,” katanya.

Sementara itu, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor mengatakan persiapan kegiatan tersebut dilakukan selama setahun lebih.

Namun tanpa sinergi dan kerja sama seluruh pihak termasuk kepala daerah sekawasan Danau Toba kegiatan tersebut tidaklah akan terwujud.

“Mudah-mudahan kegiatan yang akan dilaksanakan selama tiga hari ke depan ini akan membawa kebahagiaan bagi kita semua,” ujar Dosmar.*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life