Home » Lakukan 4 Tips Ini Biar THR Kamu Tidak Habis Hanya Untuk Kebutuhan Lebaran

Lakukan 4 Tips Ini Biar THR Kamu Tidak Habis Hanya Untuk Kebutuhan Lebaran

by Raja H. Napitupulu
1 minutes read
THR Lebaran

ESENSI.TV - JAKARTA

Lebaran segera tiba, tunjangan hari raya (THR) mungkin sudah cair beberapa hari sebelumnya. THR bisa menjadi penghasilan tambahan untuk membeli kebutuhan Lebaran.

Namun, jangan lupa, jika dihemat, THR juga bisa membantu kamu mengelola keuangan untuk jangka panjang, sehingga tidak habis begitu saja, bersamaan dengan berakhirnya Lebaran.

Bagaimana cara mengelola uang THR agar manfaatnya lebih maksimal? Berikut 4 tips yang  bisa kamu contoh, seperti dilansir dari laman resmi OJK, Senin (7/4/2024).

1. Sejak awal diterima, kamu sebaiknya menggunakan THR untuk mencicil/ melunasi utangmu. Membiarkan utang berlarut-larut hanya akan menambah beban finansialmu.

2. Segera sisihkan minimal 10% dari THR-mu untuk ditabung. Ingat bahwa keuanganmu bukan semata-mata dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hari ini, namun juga kebutuhan tak terduga dan kebutuhan masa depan. Kamu juga bisa memilih untuk menginvestasikan sebagian dari THR-mu agar nilai aset atau kekayaanmu meningkat. Dengan begitu, kamu akan memperoleh keuntungan lebih banyak di kemudian hari.

Baca Juga  Pemerintah Sedang Sempurnakan Regulasi Permudah Impor

3. Gunakan THR yang tersisa untuk memenuhi kebutuhan pokok hari raya. Perhitungkan kebutuhan pokok hari raya jauh sebelum hari H. Bila perlu sebelum bulan Ramadhan datang, kamu bisa menyisihkan pendapatanmu setiap bulan untuk kebutuhan hari raya, sehingga THR-mu tidak habis hanya untuk kebutuhan tersebut.

4. Setelah itu, barulah kamu dapat menggunakan sisa dari THR-mu untuk keinginan memenuhi kebutuhan hari raya lainnya, seperti membeli pakaian baru, memberi angpau untuk keluarga dan kerabat, membeli makanan dan kue lebaran kesukaanmu (opor, ketupat, nastar), dan sebagainya.

Jadi, jangan biarkan THR-mu habis dalam sekejap hanya untuk memenuhi keinginan semata. Kelola THR dengan cerdas, jangan sampai bablas.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life