Home » Lima Pilihan Finger Food untuk Bayi Belajar Makan

Lima Pilihan Finger Food untuk Bayi Belajar Makan

by Junita Ariani
2 minutes read
Finger food merupakan makanan padat yang dipotong kecil dan mudah dipegang oleh bayi yang baru mulai menjalani diversifikasi makanan.

ESENSI.TV - JAKARTA

Bagi bunda yang baru memiliki bayi dan memasuki masa MPASI (makanan pendamping ASI), istilah finger food pastilah sudah tidak asing lagi.

Finger food merupakan makanan padat yang dipotong kecil dan mudah dipegang oleh bayi yang baru mulai menjalani diversifikasi makanan.

Biasanya bayi mulai mengonsumsi finger food sekitar usia 6 hingga 8 bulan, tergantung perkembangan si bayi. Pemberian makanan ini adalah langkah penting dalam proses pengenalan makanan padat pada bayi.

Lantas apa saja ragam pilihan finger food?

Dari sejumlah referensi yang dihimpun Esensi.tv, Selasa (9/1/2024) ada beberapa pilihan finger food yang dapat diberikan kepada bayi.

1. Sayuran kukus

Wortel dan kentang salah satu sayuran yang biasa diberikan kepada bayi yang baru belajar makan. Sayuran tersebut dikukus hingga lembut.

Selain kaya vitamin A dan serat, sayuran ini juga dapat membantu perkembangan mata dan pencernaan bayi.

Waktu ideal untuk mengukusnya adalah 5-7 menit. Jangan terlalu lama, sehingga tidak terlalu lembek. Pastikan juga untuk mendiamkan wortel dan kentang dalam suhu ruangan, sebelum dikonsumsi anak.

2. Roti tawar tanpa kulit

Roti tawar mengandung karbohidrat yang memberikan energi. Pilihlah roti yang rendah gula dan garam, tanpa tepung terigu. Potong-potong dadu atau sobek seukuran dua ruas jari, lalu sajikan ke anak.

Baca Juga  4 Alasan Seseorang Ingin Hidup Mewah atau Hedon

Roti tawar adalah sumber karbohidrat yang baik. Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi anak, yang mendukung aktivitas fisik dan pertumbuhannya.

Selain itu, makanan ini memiliki tekstur yang lembut dan mudah dipegang. Sehingga cocok untuk anak-anak yang sedang belajar makan dengan jari-jari mereka sendiri.

3. Buah-buahan lunak

Pisang, pir, atau alpukat adalah jenis buah yang baik untuk bayi. Jenis buah-buahan ini mengandung serat, vitamin, dan mineral. Sedangkan dalam pisang terdapat nutrisi potasium yang baik untuk kesehatan jantung.

Cara pengolahannya cukup sederhana, tinggal dipotong dadu dan diletakkan di piring plastik untuk anak makan sendiri.

4. Keju

Keju mengandung kalsium dan protein yang baik untuk perkembangan tulang dan otot bayi. Pilihlah keju lembut yang mudah dipegang. Penyajian terbaik untuk finger food keju adalah mengombinasikannya dengan potongan buah.

5. Tofu

Tofu adalah sumber protein nabati yang baik. Ini juga mengandung zat besi dan kalsium yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi. Untuk menyajikannya sebagai finger food, tekan tahu supaya airnya keluar.

Tahu juga membantu menjaga teksturnya tetap padat saat dimasak. Lalu, panggang atau goreng dan sajikan ke anak di setelah sudah tidak panas lagi. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life