Home » Makanan Ini Yang Paling Favorit Di Bali, Apa Aja Sih?

Makanan Ini Yang Paling Favorit Di Bali, Apa Aja Sih?

by Administrator Esensi
2 minutes read
makanan khas bali

ESENSI.TV - JAKARTA

Berlibur ke Pulau Dewata tidak cukup hanya dengan mengunjungi pantai-pantainya saja. Untuk melengkapi pengalaman berliburmu, kamu juga harus mencoba berbagai makanan khas Bali.

Selain menawarkan kekayaan alam yang begitu indah, Bali juga memiliki kekayaan dan keanekaragaman kuliner. Makanan-makanan ini tentu bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Dari wisatanya yang indah, makanan khas Bali juga gak kalah enak lho, sahabat esensi. Kalian yang sedang berlibur ke Bali wajib coba nih!

Daftar Makanan Khas Bali

Supaya kamu makin mengetahui jenis-jenis makanan yang ada di Bali, berikut ini adalah daftar makanan khas Bali yang harus kamu coba:

1. Ayam Betutu

ayam betutu Bali

Ayam Betutu Khas Bali/image

 

Nama makanan khas Bali yang satu ini pasti sudah sangat familiar. Jika kamu berkunjung ke Pulau Dewata, kamu tidak boleh melewatkan kuliner yang satu ini.

Ayam Betutu dimasak dengan bumbu betutu, yaitu bumbu khas Bali yang terbuat dari campuran daun jeruk, sereh, salam, kunyit, kemiri, jahe, bawang merah, dan bumbu lainnya. Ayam yang dimasak dengan bumbu ini tentu akan menghasilkan cita rasa yang begitu lezat.

2.  Sate Lilit

Beberapa daerah di Indonesia memiliki kuliner berupa sate. Begitu juga dengan Bali yang memiliki sate lilit yang memiliki keunikan dibandingkan sate lainnya.

Baca Juga  Berani Tawuran Antar Pelajar? Hukuman Pidana 12 Tahun Penjara

Sate lilit terbuat dari daging ayam atau ikan yang digiling. Daging ini kemudian dicampur dengan parutan kelapa dan dililit pada batang bambu atau sereh.

3. Nasi Jinggo

Salah satu kuliner Pulau Dewata yang sudah cukup terkenal adalah nasijinggo. Kuliner ini cukup mirip dengan nasi kucing karena dibungkus daun pisang dengan porsi yang kecil.

Nasi jinggo biasanya akan disajikan dengan daging, mie, sambal goreng tempe, dan sambal. Sate lilit juga kerap kali dijadikan makanan untuk melengkapi nasi jinggo.

4. Nasi Tepeng

Nasi tepeng adalah makanan Bali yang berasal dari daerah Gianyar. Makanan ini memiliki tekstur yang lembut, mirip seperti bubur. Nasi tepeng biasanya disajikan dengan ayam goreng, telur, terong, dan kacang-kacangan. Di daerah asalnya, makanan ini sering dijadikan menu untuk sarapan.

5. Sate Plecing

Selain sate lilit, Pulau Dewata juga memiliki sate plecing. Sate ini dimasak dengan bumbu khas Bali yang bernama plecing yang terbuat dari kemiri, terasi, tomat, bawang putih, dan beberapa bumbu lainnya.

Editor : Firda Nursyafira

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life