Home » Media Asing Soroti Kemampuan Debat Gibran, Lugas

Media Asing Soroti Kemampuan Debat Gibran, Lugas

by fara dama
1 minutes read
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat Debat Cawapres

ESENSI.TV - JAKARTA

Media Jepang, Nikkei Asia, mengulas debat cawapres Pilpres 2024 yang dihelat tadi malam, (22/12/2023). Media Jepang ini menyoroti bagaimana penampilan Gibran Rakabuming Raka dan gagasan yang disampaikannya saat debat.

Nikkei Asia menulis artikel bertajuk “Jokowi’s Son Talks AI, Capital Move in Indonesia’s 2nd Election Debate”.

“Gibran Rakabuming, putra Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo, berbicara tentang membangun kemampuan Kecerdasan Buatan (AI), melanjutkan rencana pemindahan ibu kota, dan menjadikan Indonesia raja energi hijau dalam debut debat pemilunya pada Jumat,” tulis  Nikkei Asia  dalam artikel tersebut.

Nikkei Asia menyebutkan bahwa Gibran menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan lancar, lugas terkait pertanyaan umum.

Gibran juga menunjukkan pemahamannya terhadap kebijakan-kebijakan ekonomi yang telah dibangun Jokowi, ayahnya. Dia membela kebijakan pemindahan ibu kota ke Kalimantan dan menyebutnya sebagai simbol transformasi negara.

Baca Juga  Meskipun Hujan Mengguyur, Tak Menghalangi Jalannya Pengambilan Undian Paslon Capres Cawapres

Indonesia Emas

Yang menjadi sorotan juga, saat Gibran memiliki gagasan untuk menciptakan 19 juta lapangan pekerjaan, juga Indonesia emas.

“Saya juga percaya bahwa suatu hari nanti Indonesia akan menjadi raja energi hijau dunia dengan terus mengembangkan biodiesel dan bahan bakar ramah lingkungan dari kelapa sawit dan bioetanol dari tebu,” ujar putra sulung Jokowi.

“Untuk mencapai Indonesia emas, kita membutuhkan generasi-generasi emas,” ujar Gibran mengenai visi yang dimiliki oleh ketiga tiket menuju Indonesia maju di hari jadi ke-100 pada tahun 2045.

“Kita harus mampu mengubah tantangan masa depan menjadi peluang masa depan,” katanya.

Editor: Dimas Adi Putra/Addinda Zen

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life