Home » Menjelajahi Kelezatan Kuliner Kalimantan Utara yang Wajib Kamu Coba

Menjelajahi Kelezatan Kuliner Kalimantan Utara yang Wajib Kamu Coba

by Lyta Permatasari
2 minutes read
Kulinter Kalimantan Utara

ESENSI.TV - JAKARTA

Kalimantan Utara adalah salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan budaya dan kekayaan kuliner. Makanan tradisional Kalimantan Utara memiliki cita rasa yang khas dan unik, menggabungkan bahan-bahan lokal yang melimpah. Jika kamu sedang penasaran dengan makanan-makanan tradisional yang ada di Kalimantan Utara, yuk simak artikel ini sampai selesai!

  1. Ayam Pansuh

Ayam pansuh adalah salah satu makanan khas Kalimantan Utara yang wajib dicoba. Makanan ini terbuat dari ayam yang dimasak dalam bambu dengan bumbu rempah khas daerah tersebut. Proses memasaknya menggunakan kayu bakar, sehingga memberikan aroma yang khas dan cita rasa yang lezat. Ayam pansuh biasanya disajikan dengan nasi putih dan sayuran segar.

  1. Ikan Bilih Goreng

Ikan bilih adalah ikan kecil yang hidup di Danau Sentarum, Kalimantan Utara. Ikan ini memiliki cita rasa yang gurih dan dikenal dengan dagingnya yang lembut. Salah satu cara menyajikan ikan bilih yang populer adalah dengan menggorengnya. Ikan bilih goreng biasanya disajikan dengan sambal terasi dan lalapan segar.

  1. Sop Ubang

Sop ubang adalah sup tradisional yang berasal dari suku Dayak di Kalimantan Utara. Sup ini terbuat dari ubang, yaitu tumbuhan yang tumbuh liar di hutan Kalimantan. Ubang memiliki rasa yang unik dan memberikan aroma yang khas pada sup. Sup ubang biasanya dihidangkan dengan daging ayam atau ikan, sayuran, dan rempah-rempah yang melimpah.

  1. Makanan Laut

Kalimantan Utara memiliki wilayah pesisir yang kaya akan hasil laut. Oleh karena itu, makanan laut menjadi salah satu kekayaan kuliner yang tidak boleh dilewatkan. Beberapa makanan laut yang populer di Kalimantan Utara antara lain kepiting soka, udang, cumi-cumi, dan kerang. Makanan laut tersebut bisa disajikan dalam berbagai cara, seperti dimasak dengan saus padang, digoreng, atau diolah menjadi masakan khas daerah.

  1. Kue Lamang
Baca Juga  Barbacoa Cita Rasa Daging, dan Faktanya!

Kue lamang adalah kue tradisional Kalimantan Utara yang terbuat dari ketan dan dibungkus dengan daun pisang. Kue ini biasanya diisi dengan kelapa parut dan gula merah. Proses pembuatannya membutuhkan keahlian khusus karena harus melilitkan ketan pada bambu dan memasaknya dalam kukusan. Kue lamang memiliki tekstur yang kenyal dan cita rasa yang manis. Kue ini sering dijadikan hidangan khas pada acara-acara adat dan perayaan di Kalimantan Utara.

  1. Manuk Pansoh

Manuk pansoh adalah hidangan tradisional suku Dayak di Kalimantan Utara. Hidangan ini terbuat dari burung atau ayam yang dimasak dalam bambu dengan menggunakan bumbu rempah khas daerah. Manuk pansoh memiliki cita rasa yang lezat dan harum, dengan daging yang empuk dan bumbu yang meresap. Hidangan ini biasanya disajikan dalam acara adat suku Dayak atau pada acara-acara spesial.

Itulah beberapa makanan tradisional Kalimantan Utara yang wajib dicoba. Dengan mencicipi makanan-makanan tersebut, kamu akan merasakan kekayaan budaya dan keunikan kuliner Kalimantan Utara. Selamat mencoba dan nikmati cita rasa autentik yang menggugah selera!

 

Editor: Darma Lubis

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life