Home » Menkeu Jelaskan Komitmen Indonesia Capai Kesetaraan Gender

Menkeu Jelaskan Komitmen Indonesia Capai Kesetaraan Gender

by Junita Ariani
1 minutes read
Menkeu Sri Mulyani Indrawati berbicara pada Forum Annual Meetings 2023 Flagship Side Event, Kamis (12/10/2023) di Marrakesh, Maroko.

ESENSI.TV - MAROKO

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk mencapai kesetaraan gender.

Menkeu mengatakan itu saat berbicara pada Forum Annual Meetings 2023 Flagship Side Event, Kamis (12/10/2023) di Marrakesh, Maroko.

Menurut Sri Mulyani,  wanita merupakan komponen sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Di mana, 53,13% angkatan kerja di Indonesia adalah wanita.

Sekitar 60% nya berada di sektor kerja informal.

“Ini membuat mereka rentan terhadap kurangnya akses perlindungan sosial serta upah rendah,” kata Menkeu dalam keterangan resminya (13/10/2023).

Menkeu menjelaskan,  pengarusutamaan gender sendiri merupakan salah satu agenda RPJMN 2020-2024. Kebijakan di dalamnya mencakup penguatan kebijakan dan regulasi, percepatan implementasi pengarusutamaan gender di pemerintahan.

Kemudian, peningkatan peran dan partisipasi wanita dalam pembangunan, serta peningkatan jaringan dan koordinasi bersama seluruh pihak.

Pemerintah Indonesia kata Menkeu, juga turut berperan aktif dalam inisiatif global. Salah satunya melalui We Finance (We-Fi) Code.

Baca Juga  636 Dosen PTKI Terima Bantuan Penelitian Rp17 Miliar

We-Fi Code adalah sebuah kolaborasi lintas negara dan lembaga untuk mendukung akses keuangan bagi pengusaha wanita di dunia. Yakni melalui kebijakan data yang lebih baik serta inovasi digital.

Bahkan, Indonesia termasuk negara pertama yang terlibat dalam We-Fi code ini.

“Saya harap, semakin banyak negara lain yang memiliki inisiatif yang sama. Karena sinergi dan koordinasi seperti ini diperlukan tidak hanya dalam negeri, namun juga lintas negara,” lanjut Menkeu.

Menkeu mengatakan, kesetaraan gender bukan hanya nilai yang benar, namun penting bagi kemajuan dan kemakmuran ekonomi suatu negara.

“Pemerintah Indonesia siap bekerja di dalam dan luar negeri untuk memastikan semua wanita memiliki kesempatan untuk berkembang. Dalam sektor keuangan, UMKM, serta perekonomian global,” kata Sri Mulyani. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life