Home » Menteri Agama Dorong Sinergi Lintas Pesantren

Menteri Agama Dorong Sinergi Lintas Pesantren

by Ale Luna
1 minutes read
Menteri Agama Dorong Sinergi Lintas Pesantren/Kemenag

ESENSI.TV - PURWAKARTA

Menteri Agama Yaqut Cholil dorong sinergi lintas pesantren untuk membangun ekosistem ekonomi pesantren.

“Problem kita (pondok pesantren) adalah tidak kuat secara ekonomi. Tidak pernah atau belum pernah ada untuk menguatkan ekosistem ekonomi pesantren yang mensinergikan seluruh pesantren,” kata Menag Yaqut dalam keterangannya, dikutip Senin (29/5).

Lebih lanjut Menag menilai, banyak program pemberdayaan ekonomi hanya dilakukan secara parsial di masing-masing pesantren, bukan dalam jejaring.

“Jangan lagi main sendiri-sendiri. Ini yang harus diubah. Padahal, kalau saling bersinergi, pesantren sangat potensial menjadi raksasa ekonomi baru di Indonesia,” ujar Menag Yaqut.

Menurut dia, potensi perputaran ekonomi di dalam aktivitas pesantren amat besar. Berdasarkan data Kemenag, saat ini terdapat hampir 32 ribu pondok pesantren di Indonesia dengan lebih dari empat juta santri.

Baca Juga  Kemenag Berikan Bantuan 1.080 laptop Kepada Pesantren

“Kita hitung secara kasar, semua aktivitas ekonomi yang terjadi dalam lingkungan pesantren seluruh Indonesia nilainya bisa mencapai Rp200 miliar per hari. Kalau diakumulasi, bisa mencapai Rp72 triliun per tahun,” katanya.

“Tapi kemana ini sekarang? Siapa yang menikmati? Saat ini yang menikmati ya industri-industri besar seperti produk mie instan, sabun, dan lain-lain,” sambung Menag Yaqut.

Kementerian Agama, lanjut dia, juga siap untuk memberikan dukungan terhadap upaya-upaya peningkatan ekosistem ekonomi pesantren ini. “Ada program-program kemandirian pesantren yang siap mendukung perekonomian pesantren,” katanya.

Informasi lain terkait Kementerian Agama bisa akses laman www.kemenag.go.id.*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral

#beritaetrkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life