Home » Meski Pahit, Daun Mengkudu Mampu Menjaga Jantung Tetap Sehat

Meski Pahit, Daun Mengkudu Mampu Menjaga Jantung Tetap Sehat

by Junita Ariani
1 minutes read
Manfaat daun mengkudu untuk kesehatan

ESENSI.TV - JAKARTA

Beberapa tahun lalu, sempat booming jus buah mengkudu. Hal itu membuat harga buah mengkudu menjadi mahal. Padahal sebelumnya, buah ini terbuang begitu saja dari pohonnya.

Buah yang memiliki aroma menyengat ini ternyata menyimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Hal itu yang membuat para herbalis memburu buah ini.

Seperti halnya buah mengkudu, daun nya pun ternyata memiliki ragam kegunaan yang mampu mendukung kesehatan tubuh seperti menjaga jantung.

Sebagaimana dilansir, Rabu (8/11/2023), berikut manfaat daun mengkudu bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat daun mengkudu yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung. Itu karena kandungan senyawa aktif di dalamnya.

Senyawa tersebut membantu menjaga elastisitas pembuluh darah, yang dapat melancarkan peredaran darah, sehingga risiko penyakit jantung akan menurun.

2. Menyembuhkan peradangan

Manfaat selanjutnya terjadi karena kandungan senyawa yang bersifat antiinflamasi. Kandungan ini dapat membantu menyembuhkan peradangan yang terjadi di dalam dan luar tubuh.

Baca Juga  5 Atlet Paralympic Indonesia yang Membanggakan

Antiinflamasi yang terdapat di dalam daun mengkudu mampu mempercepat penyembuhan luka, membuat luka lebih cepat kering. Kemudian, mengatasi nyeri dan membunuh virus atau bakteri yang terdapat pada luka.

3. Menjaga kesehatan kulit

Untuk mendapatkan khasiat ini, kamu bisa mengonsumsi air rebusannya guna menjaga hidrasi dan kelembapan kulit.

Selain itu, rebusan airnya juga efektif membantu mengatasi jerawat karena kandungan antioksidan di dalamnya. Kandungan tersebut mencegah efek radikal bebas di kulit akibat polusi, UV, dan kotoran.

4. Mengontrol tekanan darah

Daun mengkudu mengandung berbagai senyawa aktif, termasuk alkaloid, flavonoid, dan polifenol, yang bersifat antihipertensi.

Cara kerjanya dengan membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi resistensi pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life