Home » Nezar Patria Pastikan Pemerintah Dukung Pemilu Damai, Jujur dan Adil

Nezar Patria Pastikan Pemerintah Dukung Pemilu Damai, Jujur dan Adil

by Erna Sari Ulina Girsang
1 minutes read
Wamenkominfo, Nezar Patria. Foto: Ist

ESENSI.TV - JAKARTA

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendukung Deklarasi Komitmen Kemerdekaan Pers dan Pemilihan Umum yang Damai, Jujur dan Adil.

Wakil Menteri Kominfo (Wamenkominfo), Nezar Patria, mengatakan dukungan diberikan sebagai komitmen pemerintah untuk mewujudkan demorasi di Indonesia.

“Kebebasan pers indikator yang penting, Alhamdulillah selama reformasi berjalan dan setelah melewati beberapa pimpinan nasional komitmen itu cukup kuat,” ujar  Nezar Patria, dalam keterangannya terkait Deklarasi Kemerdekaan Pers serta Penandatanganan Komitmen Kemerdekaan Pers di Gedung Dewan Pers, Jakarta, seperti dikutip pada Senin (12/2/2024).

Menurut Wamen Nezar, Indonesia telah memiliki Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers yang menjadi garis demarkasi jelas dalam demokratisasi di Indonesia.

“Saya kira ini yang menjadikan garis demarkasi antara rezim demokrasi dengan rezim otoriter,” tandasnya.

Wamenkominfo menegaskan pemimpin nasional selama ini memberikan komitmen yang kuat dalam menjaga kemerdekaan pers di Indonesia.

Baca Juga  Bareskrim Polri Asistensi Kasus Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK Terhadap Syahrul Yasin Limpo

“Komitmen itu masih cukup kuat dan kita berharap akan makin lebih baik lagi ke depan,” ungkapnya.

Wamen Nezar Patria mengharapkan Pemilu 2024 menjadi Pemilu yang berkualitas dan membawa selurh bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih maju.

“Tentu saja melalui Pemilu 2024 ini kita sangat harapkan satu kompetisi yang jujur, kompetisi yang adil dan tentu saja Pemilu yang damai,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu mengatakan, kemerdekaan pers bukanlah sesuatu yang statis.

Kemerdekaan pers dinilai akan menghadapi dinamika sekaligus tantangan baik dari dalam lingkungan pers maupun dari luar.

“Perkembangan teknologi digital dan media sosial memberi ruang yang sangat luas bagi tumbuhnya informasi dan disinformasi maupun malinformasi. Situasi ini menantang pers untuk hadir sebagai penjernih dan satu-satunya rujukan informasi,” pungkas Ketua Dewan Pers.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life