Home » Novel Baswedan Sebut KPK Lakukan Abuse of Power Saat Jemput Paksa SYL

Novel Baswedan Sebut KPK Lakukan Abuse of Power Saat Jemput Paksa SYL

by Ale Luna
1 minutes read
Novel Baswedan Sebut KPK Lakukan Abuse of Power Saat Jemput Paksa SYL/Ist

ESENSI.TV - JAKARTA

Mantan penyidik Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan buka suara terkait dengan aksi penjemputan paksa terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) oleh KPK. Menurut dia, aksi ini bukan hal normal, melainkan terjadi penyalahgunaan kekuasaan alias abuse of power.

“Saya memandang seperti itu ya (abuse of power),” katanya dikutip dalam tayangan Breaking News Metro TV, Kamis malam ini (12/10/2023).

Menurut dia aksi yang dilakukan lembaga anti rasuah ini bukan sesuatu yang normal. “Karena sepanjang saya di KPK tidak pernah terjadi seperti ini,” katanya.

Novel, yang saat ini menjabat Wakil Ketua Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Pencegahan Korupsi Mabes Polri ini menegaskan kecenderungan penyalahgunaan itu ada lantaran saat ini Ketua KPK Firli Bahuri tengah terseret dugaan pemerasan di Polda Metro Jaya.  

Baca Juga  Dewas KPK Gelar Sidang Etik Firli Bahuri Hari Ini

Sebagai informasi, dugaan pemerasaan oleh Firli itu dilaporkan oleh SYL. Saat ini Polda Metro Jaya sudah menaikkan status dari penyelidikan ke penyidikan.

Novel mengatakan penjemputan paksa Syahrul Yasin ini dikahawatirkan sebagai upaya perintangan penyidikan dugaan kasus pemerasan tersebut.

“Saya khawatir ini cara untuk menghalangi penyidikan di Polda Metro Jaya,” kata Novel.

Dia menegaskan aksi yang dilakukan KPK dengan menjemput paksa SYL sangat berbahaya karena benar-benar menunjukan adanya konflik kepentingan.

“Ini yang bahaya dan konflik of interets-nya nyata sekali,” jelas Novel.*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaviral

#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life