Home » Pad Thai: Kuliner Ikonik dari Thailand

Pad Thai: Kuliner Ikonik dari Thailand

by Administrator Esensi
2 minutes read
https://assets.bonappetit.com/photos/63f79c61e1f4511cb9dc2de0/16:9/w_5503,h_3095,c_limit/022323-weeknight-pad-thai-lede.jpg

Pad Thai adalah salah satu hidangan khas Thailand yang terkenal di seluruh dunia. Hidangan ini merupakan perpaduan lezat antara mie, sayuran, telur, dan bahan-bahan lain yang disajikan dalam saus manis asam yang khas. Pad Thai adalah contoh nyata dari cita rasa dan keanekaragaman kuliner Thailand. Dalam artikel ini, kita akan membahas fakta menarik tentang Pad Thai:

Asal Usul

Pad Thai adalah hidangan populer di Thailand yang berasal dari zaman Perang Dunia II. Pada saat itu, pemerintah Thailand ingin mempromosikan mie sebagai makanan nasional untuk mengatasi krisis beras, dan Pad Thai diciptakan sebagai bagian dari inisiatif ini.

Bahan Utama

Bahan utama dalam Pad Thai adalah mie, yang biasanya digunakan mie beras. Selain itu, Pad Thai juga mencakup telur, udang, atau daging ayam, sayuran seperti tauge, daun bawang, dan bawang putih, serta kacang tanah cincang.

Cara Memasak

Proses memasak Pad Thai dimulai dengan merebus mie, kemudian menggorengnya bersama dengan telur dan bahan lainnya dalam minyak goreng. Saus yang terdiri dari bumbu seperti tamarind, gula, kecap ikan, dan cabai juga ditambahkan selama proses memasak.

Variasi Rasa

Pad Thai dapat disesuaikan dengan preferensi rasa masing-masing orang. Beberapa versi mungkin lebih manis, pedas, atau asam tergantung pada selera dan resep yang digunakan.

Baca Juga  Sate Gupak: Kelezatan Sate Khas Betawi

Pengaruh Cina

Meskipun Pad Thai adalah hidangan khas Thailand, memiliki pengaruh dari masakan Tionghoa. Teknik memasak dan bahan-bahan seperti mie merupakan contoh dari pengaruh ini.

Populer di Seluruh Dunia

Pad Thai adalah salah satu makanan Thailand yang paling populer di seluruh dunia. Banyak restoran Thai di berbagai negara menyajikan Pad Thai sebagai salah satu menu andalan mereka.

Cita Rasa yang Seimbang

Pad Thai adalah contoh sempurna dari cita rasa Thailand yang seimbang. Perpaduan rasa manis, asam, gurih, dan pedas menciptakan sensasi rasa yang luar biasa.

Penghidangan Tradisional

Pad Thai sering dihidangkan dengan potongan jeruk nipis, kacang tanah cincang, dan irisan cabai merah. Ini memberikan sentuhan tambahan rasa dan tekstur.

Budaya dan Tradisi

Pad Thai adalah bagian penting dari budaya makanan Thailand dan sering dianggap sebagai simbol kuliner nasional. Masyarakat Thailand menyukai hidangan ini dan sering memasaknya di rumah.

Pad Thai adalah hidangan yang merepresentasikan kekayaan kuliner Thailand dengan rasa yang khas dan beragam. Kombinasi mie, sayuran, dan saus yang luar biasa menciptakan pengalaman makan yang menggugah selera dan memanjakan lidah. Mencicipi Pad Thai adalah mengambil perjalanan ke dalam kultur kuliner Thailand yang memukau dan pasti akan meninggalkan kesan yang mendalam pada pencinta makanan.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life