Home » Panen Padi di Deliserdang, Apakah Harga Beras di Pasar Turun?

Panen Padi di Deliserdang, Apakah Harga Beras di Pasar Turun?

by Junita Ariani
2 minutes read
Musim panen padi di tanah air sudah tiba.

ESENSI.TV - DELISERDANG, SUMUT

Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin memastikan hingga saat ini stok beras di Sumut, masih aman. Pelaksanaan panen padi di daerah ini juga tidak terganggu dan tepat waktu.

Menurut Hassanudin, Sumut secara data tercukupi dan surplus ketersediaan pangan. Waktu tanam tepat waktu, sehingga panen bisa terlaksana sekarang.

“Mudah-mudahan panen ini akan memperbaiki harga beras di pasaran,” ujar Pj Gubernur usai panen padi sawah di Desa Wonosari, Tanjungmorawa, Deliserdang, Selasa (27/2/2024).

Dikatakannya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut melakukan berbagai intervensi demi menjaga ketersediaan pangan dan stabilitas harga di tengah masyarakat.

Mulai dari menyiapkan pasar murah, hingga bersinergi dengan pihak terkait mengawal dan mengawasi jalur distribusi.

Memang secara nasional ketersediaan stok beras mengalami tekanan. Pemerintah Indonesia pun telah memprediksi bulan Januari-Maret 2024 stok beras akan mengalami tekanan lantaran el nino. Namun Sumut, dikatakannya tidak terdampak langsung el nino.

Hassanudin juga mengajak para kepala daerah melaksanakan monitoring ketersediaan beras di daerahnya masing-masing.

“Khusus di Sumut saya ajak kepala daerah melaksanakan dan monitoring ketersediaan bagaimana agar stok pangan terkendali,” kata Hassanudin.

Baca Juga  Benarkah Bansos yang Jor-Joran Jadi Penyebab Beras Langka dan Mahal?

Ketersediaan Pangan Sumut Aman

Sementara itu, Bupati Deliserdang Muhammad Ali Yusuf Siregar mengatakan, panen tersebut dapat menjadi bukti ketersediaan pangan di Sumut, secara umum aman.

Selain itu, Deliserdang merupakan salah satu penyumbang bahan pangan yang cukup besar di Sumut.

“Deliserdang merupakan salah satu tulang punggung pangan di Sumut. Memiliki luas sawah sebesar 30.546 hektare dengan total produksi padi sekitar 533 ribu ton setahun. Deliserdang memberikan kontribusi pertanian dan menjadikan kabupaten ini lumbung pangan di Sumut,” kata Yusuf.

Pada kesempatan tersebut Hassanudin, melakukan panen padi menggunakan arit bersama-sama dengan Bupati Deliserdang. Setelah itu, ia bersama Bupati menaiki combine harvester (mesin panen) untuk memanen padi yang telah menguning itu.

Turut hadir pada kesempatan tersebut antara lain, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Rajali. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sumut Yuliani Siregar dan OPD Pemkab Deliserdang.*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life