Home » Pantai Senipah, Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Dekat IKN

Pantai Senipah, Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Dekat IKN

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Pantai Senipah, Kabupaten Paser Kalimantan Timur (Kaltim). Foto: Info Publik

ESENSI.TV - JAKARTA

Kalimantan Timur tidak hanya akan menjadi provinsi yang semakin diperhitungkan di Indonesia, bahkan dunia, karena menjadi Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sejumlah wilayah di provinsi ini juga telah mulai diangkat untuk menjadi destinasi wisata yang dapat menjadi lokasi liburan bagi masyarakat dan investasi bagi pemilik modal.

Jika sebelumnya, kamu sering mendengar ada Gunung Boga atau gunung embun, Kabupaten Paser Kalimantan Timur (Kaltim) ternyata masih menyimpan potensi wisata memesona, salah satunya Pantai Senipah yang berada di Desa Senipah Kecamatan Tanjung Harapan.

Menurut Pendamping desa setempat, Darwansa, keindahan pantai Senipah tidak kalah dibanding pantai-pantai lain yang kerap dijadikan objek kunjungan para wisatawan di Kaltim.

“Kalau dibanding pantai Nipah-Nipah di Penajam, masih lebih bagus pantai Senipah,” ucapnya di Tanah Grogot, Selasa (26/3/2024), seperti dilansir dari Info Publik.

Darwansa menceritakan, banyak warga dari Desa Senipah memiliki kekerabatan dengan warga Balabalagan, sebuah pulau eksotik yang secara geografis dekat dengan Kabupaten Paser, namun secara administratif berada dalam Pemerintah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

“Banyak warga desa Senipah yang berprofesi sebagai nelayan berlayar sampai pulau Balabagan,” kata Darwansa.

Keseriusan masyarakat setempat untuk mengelola potensi wisata tersebut terlihat dari rencana pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Darwansa mengakui memang dari segi infrastruktur jalan, masih perlu adanya perbaikan untuk menuju ke sana.

Baca Juga  Kloter Pertama, Pemindahan ASN ke IKN Dilakukan Juli 2024

Untuk bisa sampai ke pantai Senipah, jika menggunakan transportasi air, bisa memakan waktu empat sampai lima jam dari pelabuhan Senaken Tanah Grogot. Sedangkan melalui jalur darat akan memakan waktu lebih lama.

Kendala akses jalan membuat Darwansa harus melewati jalur Binturung, Pamukan Utara, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan.

Ia berharap ada peningkatan jalan menuju pantai Senipah.

Primadona Wisatawan

Ia berharap kedepan, Desa Senipah bisa jadi primadona kunjungan wisatawan jika melihat potensi keindahan alamnya dan kearifan lokal masyarakat setempat.

“Masyarakat di Senipah berharap infrastruktur jalan, listrik dan jaringan internet yang menjadi kendala selama ini bisa segera teratasi,” harapnya.

Pelaksana TUgas (Plt) Kepala Dinas Pemuda Olaharga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser, Romif Erwinadi, mengatakan Pemkab Paser siap memfasilitasi Pokdarwis di desa itu.

Sementara Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Paser, Asnawi mengatakan pada 2023 terdapat program pembangunan ruas jalan Random menuju Senipah.

Diharapkan dengan peningkatan akses jalan potensi wisata di desa itu bisa dikembangkan oleh masyarakat setempat sehingga mampu mendatangkan kemajuan ekonomi di desa setempat.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life