Home » Parmigiano Reggiano: Kelezatan Keju Italia

Parmigiano Reggiano: Kelezatan Keju Italia

by Administrator Esensi
2 minutes read
https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2020/03/parmagiano-reggiano-b7907222fd29a72535b00f59af36c018_600x400.jpg

Parmigiano Reggiano, sering disebut sebagai Parmesan, adalah keju Italia yang terkenal di seluruh dunia. Keju ini dikenal dengan rasa yang gurih, tekstur yang renyah, dan aroma yang khas. Parmigiano Reggiano telah menjadi salah satu produk unggulan Italia yang mendapat pengakuan atas kualitasnya di tingkat internasional. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 10 fakta menarik tentang Parmigiano Reggiano:

Asal Usul dan Wilayah 

Parmigiano Reggiano adalah keju asli dari Italia dan berasal dari wilayah Emilia-Romagna, terutama di provinsi-provinsi Parma, Reggio Emilia, Modena, Bologna, dan Mantua. Keju ini mempunyai status DOP (Denominazione di Origine Protetta), yang menunjukkan keaslian dan kualitasnya.

Bahan Baku

Parmigiano Reggiano terbuat dari susu sapi. Susu yang digunakan harus segar dan tidak mengandung aditif apa pun. Setiap kilogram keju memerlukan sekitar 16 liter susu.

Proses Produksi

Proses pembuatan Parmigiano Reggiano melibatkan pemanasan susu, penambahan rennet (enzim untuk membentuk curd), pemotongan curd, dan pemadatan curd di cetakan khusus. Setelah itu, keju diasin selama periode tertentu dan kemudian matang.

Waktu Pematangan

Parmigiano Reggiano membutuhkan waktu pematangan yang lama, biasanya sekitar 12 hingga 36 bulan atau bahkan lebih. Proses ini memberikan rasa dan tekstur yang unik pada keju.

Citarasa yang Khas

Parmigiano Reggiano memiliki rasa gurih, asin, dan kaya. Kejunya memiliki butiran kristal garam kecil yang memberikan sensasi renyah saat dikunyah.

Baca Juga  Churros: Kelezatan Manis yang Menggoda Selera

Nutrisi Kaya

Parmigiano Reggiano adalah sumber protein dan kalsium yang baik. Ia juga mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, vitamin B12, zinc, dan selenium.

Keju Serbaguna

Parmigiano Reggiano dapat dimakan langsung sebagai camilan atau dimasukkan dalam berbagai hidangan. Banyak resep Italia yang menggunakan Parmigiano Reggiano sebagai salah satu bahan utamanya.

Tanda Identifikasi

Parmigiano Reggiano asli memiliki tanda identifikasi pada permukaannya yang memuat tulisan “Parmigiano Reggiano” dan sejumlah kode produksi. Tanda ini juga menunjukkan wilayah asal dan produsen.

Produksi Tradisional

Produksi Parmigiano Reggiano masih menggunakan metode tradisional yang telah berlangsung selama berabad-abad. Para produsen mengikuti pedoman yang ketat untuk memastikan kualitas dan keaslian produk.

Perlindungan Merek

Parmigiano Reggiano dilindungi oleh Undang-Undang Uni Eropa. Hanya keju yang memenuhi standar dan dihasilkan di wilayah tertentu yang diizinkan menggunakan nama Parmigiano Reggiano.

Parmigiano Reggiano bukan hanya keju biasa; ia adalah simbol dari tradisi dan kualitas Italia yang diakui di seluruh dunia. Kualitas dan cita rasa khasnya menjadikan Parmigiano Reggiano dambaan para pecinta keju di seluruh dunia. Dalam setiap gigitannya, Parmigiano Reggiano menghadirkan kenikmatan yang mendalam dan otentik dari Italia.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life