Home » Pemilu di Hongkong dan Taipei Dilaksanakan 13 dan 14 Februari

Pemilu di Hongkong dan Taipei Dilaksanakan 13 dan 14 Februari

by Junita Ariani
1 minutes read
Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran memberikan keterangan tentang Pemilu di Hongkong dan Taipei di Lobby Gedung Baharkam Polri, Senin, (12/2/2024).

ESENSI.TV - JAKARTA

Pelaksanaan Pemilu di luar negeri (PPLN) hingga hari ini, Senin (12/2/2024) berlangsung kondusif. Adapun pelaksanaan Pemilu di luar negeri hanya menyisakan Hongkong dan Taipei yang akan dilaksanakan pada 13 dan 14 Februari.

“Alhamdulillah PPLN TPSLN semua berjalan lancar dan aman, tertib. Nanti akan dilaksanakan penghitungan suara serentak di tanggal 14,” ujar Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran, Senin, (12/2/2024), di Lobby Gedung Baharkam Polri Jakarta.

Komjen Fadil menyebut keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dalam negeri tetap kondusif dan terkendali. Kata dia, akan ada evaluasi terkait pergeseran personel polisi yang bertugas mengamankan TPS.

“Situasi nasional kondusif. Paling kita dalam waktu dekat akan melakukan evaluasi terkait pergeseran anggota ke titik-titik TPS yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya (personel, red),” jelasnya.

Terkait pengamanan Pemilu, Fadil mengatakan bahwa selain menjalankan Operasi Mantap Brata (OMB), Polri melaksanakan Operasi Aman Nusa 1 dan 2. Hal tersebut sebagai antisipasi jika nantinya terjadi bencana alam dan gangguan terorisme.

Baca Juga  Apa Benar AHY Bakal Dilantik Jadi Menteri? Jokowi: Besok Ditunggu Aja

“Kita juga melaksanakan operasi Aman Nusa I untuk bencana alam, Aman Nusa II untuk konflik sosial manakala terjadi gangguan terorisme. Jadi jika ada terjadi bencana seperti kan di Demak ada banjir itu kan Grobokan, Kapolda sudah menyusun operasi Aman Nusa 1 dan Aman Nusa 2 untuk mengantisipasi itu semua,” jelasnya.

Terkait TPS yang terletak di wilayah rawan bencana, Fadil mengatakan sudah terdata di masing-masing Polda. Termasuk untuk menghadapi banjir di musim penghujan telah disiapkan antisipasinya bersama stakeholder.

Di sisi lain, kata Fasdil, tidak ada ancaman terorisme terkait Pemilu. “Sampai saat ini tidak ada ancaman Terorisme,” tegasnya.

Oleh sebab itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk menjaga kondusifitas. Terlebih pemungutan suara akan dilangsungkan dua hari lagi.

“Mari kita menjaga bersama-sama kondusifitas. Dua hari lagi kita akan masuk ke tahap pemungutan suara. Itu, jauh lebih penting untuk masa depan bangsa,” katanya. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life