Home » Pemilu Semakin Dekat, KPU Imbau Masyarakat Cek Nama Masing-masing di DPT

Pemilu Semakin Dekat, KPU Imbau Masyarakat Cek Nama Masing-masing di DPT

by Erna Sari Ulina Girsang
1 minutes read
Ilustrasi Pemilu. Foto: Ist

ESENSI.TV - JAKARTA

Pemilihan Umum (Pemilu) semakin dekat. Pemungutan suara akan digelar pada tanggal 14 Februari 2024, sehingga masyarakat perlu memastikan sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Anggota Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Idham Holik mengimbau masyarakat memastikan namanya sudah terdaftar di secara daring di Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2024.

“Kepada semua pemilih diaspora atau pemilih luar negeri untuk memastikan ya namanya ada di dalam DPT Luar Negeri (LN), maka dapat mengecek website cek DPT daring,” kata anggota Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Idham Holik, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (2/1/2024).

Berdasarkan Pasal 125 Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2022 dijelaskan ihwal ada beberapa pemilih yang tidak termuat dalam DPT, mereka masuk kategori daftar pemilih khusus (DPK).

Pemilih yang terdaftar dalam DPK luar negeri merupakan pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, dan daftar pemilih tambahan (DPTb), tetapi memenuhi syarat sebagai pemilih.

Mereka dapat menggunakan hak pilihnya pada hari pemungutan suara dengan menunjukkan KTP elektronik, paspor atau Surat Perjalanan Laksana Paspor dengan alamat tinggal di luar negeri.

Baca Juga  Coblos Bersama Keluarga, Megawati Soekarnoputri Berharap Pemilu Tidak Ada Kecurangan

DPK luar negeri pada saat hari pemungutan suara dicatat oleh kelompok penyelenggara pemungutan suara luar negeri dalam daftar hadir di tempat pemungutan suara (TPS) luar negeri dan dilaporkan kepada Panitia Pemilihan Luar Negeri.

Tiga Pasang Capres dan Cawapres

KPU RI pada 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Berdasarkan hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life