Home » Perbaiki Ekosistem dan Lingkungan Hidup, Prabowo-Gibran Akan Tata Ulang Reklamasi

Perbaiki Ekosistem dan Lingkungan Hidup, Prabowo-Gibran Akan Tata Ulang Reklamasi

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Capres dan cawapres 2024 Prabowo-Gibran. Foto: Ist

ESENSI.TV - JAKARTA

Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan menata ulang reklamasi untuk memperbaiki ekosistem dan lingkungan hidup.

Selain menata ulang reklamasi yang telah ada, maka semua rencana reklamasi dipastikan harus sesuai aturan, sehingga tidak merusak kualitas ekosistem dan lingkungan hidup.

Setiap kegiatan reklamasi daratan atau land fill harus mengutamakan kepentingan kehidupan ekonomi, sosial dan masyarakat, terutama masyarakat di sekitar kawasan reklamasi.

Prabowo-Gibran akan menata ulang reklamasi yang tidak sesuai dengan tata aturan, merusak kualitas ekosistem, dan lingkungan hidup, serta kehidupan ekonomi, sosial, dan masyarakat,” jelas Ketua Tim Kemenangan Nasional Prabowo Gibran, Rosan Roeslani, dalam keterangannya menjelaskan Visi, Misi dan Program Prabowo-Gibran, di Jakarta, Jumat (15/12/2023).

Dia mengatakan menata reklamasi merupakan salah satu program dari upaya Prabowo-Gibran dalam melestarikan lingkungan, jika terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 di Pilpres tahun depan.

Program kerja lainnya, jelasnya, Prabowo-Gibran akan menerapkan program memberikan bantuan langsung untuk pencarian serta pengeboran sumber air di daerah terpencil dan tidak memiliki sumber air permukaan.

Kemudian, merevitaliasi daerah aliran sungai dan menjaga kebersihan sungai dari polusi industri dan rumah tangga.

Selanjutnya, mengembangkan dan mengintensifkan program pembangunan Dam Air yang dimanfaatkan untuk pengairan pertanian, peternakan, air minum dan energi terbarukan.

Kegiatan pelestarian lingkungan yang juga akan dilakukan adalah meningkatkan  program resapan air dan membangun embung-embung air sebagai bagian dari pengelolaan air sehingga tidak menjadi bencana pada saat musim hujan dan kekurangan pada saat musim kemarau.

Baca Juga  Fakta Menarik tentang Rambut Manusia

Ada juga program membangun pipanisasi air bersih dari sumber air hingga ke rumah tangga dan pengguna lainnya, serta mengendalikan penggunaan sumur air tanah.

“Menjaga pengelolaan dan pengembangan sumber daya air tetap di tangan pemerintah dengan memperkuat kapabilitas BUMN dan BUMD dalam pengelolaannya”.

“Meningkatkan ketersediaan pasokan air serta meningkatkan kualitas air PDAM setara dengan produk air minum”.

“Merehabilitasi hutan rusak untuk mendukung menjadi hutan alam, dalam mendukung kembalinya sumber daya hayati dan sumber daya air,” sambung Rosan Roeslani.

Jamin Pelestarian Lingkungan Hidup

Dalam upaya pembangunan dan peningkatan ekonomi negara, jelasnya, Prabowo-Gibran menjadikan kepastian keberlanjutan dan pelestarian lingkungan hidup sebagai prioritas utama untuk menjamin generasi mendatang dapat hidup sehat dan nyaman.

“Oleh karena itu, percepatan pencapaian komitmen terhadap target pembangunan berkelanjutan termasuk percepatan pencapaian target Net Zero emisi gas rumah kaca (GRK) akan dilaksanakan,” terang Rosan

Adapun upaya yang dilakukan adalah menurunkan jejak karbon (carbon footprint) dan jejak air (water footprint) untuk berbagai produk, serta meningkatkan pengelolaan tanah, air, dan hutan secara lestari.

“Selain itu, pemanfaatan bioplastik dalam kehidupan sehari-hari perlu diupayakan sesegera mungkin,” paparnya.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life