Home » Peringatan Buat Kita Semua, BMKG: Dampak Perubahan Iklim Semakin Mengkhawatirkan

Peringatan Buat Kita Semua, BMKG: Dampak Perubahan Iklim Semakin Mengkhawatirkan

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Ilustrasi kebakaran hutan. Foto: BMKG

ESENSI.TV - JAKARTA

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa dampak perubahan iklim yang melanda bumi semakin mengkhawatirkan dan semakin menjadi ancaman dunia.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer naik akibat dari pembakaran bahan bakar fosil, deforestasi dan praktik industri yang tidak berkelanjutan.

“Hal ini telah mendorong perubahan iklim pada kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya,” ungkap Dwikorita, dalam Rapat Nasional Prediksi Musim Kemarau 2024,  Jumat (9/2/2024).

Dwikorita mengatakan, Perubahan iklim global bukanlah kabar bohong (hoax-red) dan prediksi untuk masa depan, melainkan realitas yang dihadapi miliaran jiwa penduduk bumi. Karenanya, fenomena tersebut tidak bisa dianggap sebagai sebuah persoalan sepele.

Lebih lanjut, Dwikorita menerangkan, Badan Meteorologi Dunia (WMO) baru saja menyatakan bahwa tahun 2023 tercatat sebagai tahun terpanas sepanjang pengamatan instrumental. Anomali suhu rata-rata global mencapai 1,40 derajat Celcius di atas zaman pra industri.

Angka ini, kata Dwikorita, nyaris menyentuh batas yang disepakati dalam Paris Agreement tahun 2015 bahwa dunia harus menahan laju pemanasan global pada angka 1,5 derajat Celcius. Pada tahun 2023, terjadi rekor suhu global harian baru dan terjadi bencana heat wave ekstrem yang melanda berbagai kawasan di Asia dan Eropa.

Baca Juga  Temui ILUNI UI, Menpora: Kita Membuka Peluang Kolaborasi

“Rekor iklim yang terjadi di tahun 2023 bukanlah kejadian acak atau kebetulan, melainkan tanda-tanda jelas dari pola yang lebih besar dan lebih mengkhawatirkan yaitu perubahan iklim yang semakin nyata,” imbuhnya.

“Maka dari itu, perlu langkah atau gerak bersama seluruh komponen masyarakat, tidak hanya pemerintah, namun juga sektor swasta, akademisi, media, LSM, dan lain sebagainya,” tambah Dwikorita.

Perubahan Iklim

Deputi Bidang Klimatologi BMKG Ardhasena Sopaheluwakan mengungkapkan perubahan iklim memiliki dampak yang besar terhadap bumi dan seluruh mahluk hidup yang mendiaminya tanpa terkecuali.

Berbagai sektor, kata dia, akan mengalami dampak yang sangat besar, utamanya sektor pertanian yang mengancam ketahanan pangan seluruh negara.

“Perubahan iklim menjadi tanggung jawab bersama. Karenanya perlu upaya bersama dan berkelanjutan untuk menahan lajunya dan mengurangi dampaknya,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati kembali menegaskan komitmen BMKG sebagai untuk terus menjaga Indonesia dengan sajian informasi iklim yang tepat dan akurat.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life