Home » Pertamina Resmikan Pusat Riset dan Inovasi Pelumas Terbesar di Indonesia

Pertamina Resmikan Pusat Riset dan Inovasi Pelumas Terbesar di Indonesia

by Ale Luna
2 minutes read
Pertamina Resmikan Pusat Riset dan Inovasi Pelumas Terbesar di Indonesia/Pertamina

ESENSI.TV - JAKARTA

PT Pertamina melalui anak usahanya, PT Pertamina Lubricants (PTPL) resmikan Lubricants Technology Center (LTC), pusat riset dan inovasi pelumas terbesar di Indonesia yang berlokasi di Plumpang, Jakarta Utara.

Dengan luas 12.500 m², LTC dilengkapi dengan fasilitas modern dan sumber daya manusia profesional untuk memenuhi kebutuhan pelumas di pasar Indonesia dan 14 negara di dunia termasuk Australia, Thailand, dan Afrika Selatan.

“LTC akan mendorong tercapainya aspirasi kami untuk menjadi perusahaan pelumas terdepan; the Leading Asian Champion dengan produk dan layanan yang lebih adaptif, responsif dan fleksibel untuk berbagai aplikasi otomotif dan industri,” kata Direktur Utama PTPL Werry Prayogi dalam keterangan resminya, Rabu (31/5).

LTC makan enjadi pusat teknologi yang terintegrasi, menggabungkan kegiatan riset pengembangan produk serta layanan purna jual yakni:

* Laboratorium Riset dan Pengembangan Produk untuk mendukung riset terapan pemilihan teknologi aditif dan formulasi produk pelumas dan specialties chemicals;

* Laboratorium Oil Clinic untuk melakukan oil analysis dan monitoring yang komprehensif di dukung technical support yang berpengalaman dan;

* Integrated Lubrication Management Academy (ILMA) dengan fasilitas edukasi dan pelatihan pelanggan.

Kegiatan Laboratorium di LTC mengikuti standar internasional American Society for Testing & Materials (ASTM). Selain itu, kedua laboratorium di LTC sudah bersertifikat ISO 17025:2017 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Baca Juga  Kemenperin Launching Standardisasi Industri Melalui SIINas

“LTC merupakan investasi strategis untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnis Pertamina Lubricants dalam menghadapi perubahan pasar yang semakin dinamis. Sebagai market leader, LTC memperkuat komitmen dan kapabilitas kami dalam inovasi produk dan layanan,” kata Werry.

LTC menjawab tantangan pesatnya pertumbuhan berbagai sektor di Indonesia yang berdampak pada peningkatan kebutuhan pelumas berkualitas.

Werry melanjutkan bahwa saat ini konsumen pelumas memiliki pengetahuan yang memadai sehingga Pertamina Lubricants dituntut untuk memberikan manfaat tambahan seperti fuel economy dan kemampuan melindungi mesin. Dalam penggunaan pelumas untuk operasi bisnis, pelumas Pertamina juga mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasi pelanggan.

VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menyatakan bahwa ke depannya LTC diharapkan menjadi kiblat pengembangan pelumas dan specialties chemicals, termasuk untuk menjawab kebutuhan pelumas yang lebih ramah lingkungan.

“Ini menjadi komitmen nyata Pertamina dalam berkontribusi pada penurunan jejak karbon. Hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah mencapai Net Zero Emission 2060,” ungkap Fadjar.*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral

#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life