Home » Pesona Pisang Goreng Indonesia

Pesona Pisang Goreng Indonesia

by Addinda Zen
75 views 2 minutes read
Pisang Goreng.

ESENSI.TV - JAKARTA

Indonesia kaya dengan berbagai kuliner yang tersebar di seluruh wilayahnya. Tidak jarang, kuliner lokal dapat menembus pasar internasional. Para turis yang berkunjung pun sering dibuat terkesan dengan suguhan makanan khas Indonesia.

Kuliner Indonesia baru-baru ini kembali mendapat prestasi. Sebelumnya, rendang dinobatkan menjadi salah satu makanan paling enak di dunia. Kali ini, giliran pisang goreng yang berhasil menempatkan urutan nomor satu sebagai “Best Deep-Fried Desserts in the World”. Pisang goreng mendapat skor 4.60 pada daftar makanan penutup (yang digoreng) terbaik di dunia, berdasarkan ranking per 23 Februari 2023 menurut tasteatlas.

tasteatlas 1

Daftar ‘Deep Fried Dessert’ Terbaik di Dunia (tasteatlas)

Dilansir dari instagram (@tasteatlas), pisang goreng berada di urutan nomor satu. Lalu, disusul oleh dessert gorengan asal Jerman, Quarkbällchen. Daftar ranking ini dibuat berdasarkan penilaian audiens secara umum.

Masih berdasarkan tasteatlas, pisang goreng juga masuk dalam daftar makanan pinggir jalanan (street foods) terbaik di dunia. Pada kategori ini, bubur ayam, tempe mendoan, serta pempek juga ikut masuk dalam daftar.

Beberapa wilayah di Indonesia, memiliki cara yang berbeda saat menikmati pisang goreng. Berikut di antaranya:

1. Kalimantan

Masyarakat Bugis di Kalimantan menyebut pisang goreng sebagai sanggara peppe. Berbeda dari biasanya, pisang goreng ini disantap bersama sambal terasi. Selain itu, dari bentuknya pun ada sedikit perbedaan. Pada sanggara peppe, pisang ditumbuk sampai agak pipih sebelum dibaluri adonan dan digoreng. Sehingga saat matang, pisang akan terlihat lebih tipis.

2. Padang, Sumatera Barat

Selanjutnya, datang dari wilayah Sumatera. Di Padang, pisang goreng umum disantap bersama ketan. Rasa gurih dari ketan melengkapi manisnya pisang goreng. Camilan ini juga cocok dijadikan takjil saat berbuka puasa di bulan Ramadhan.

3. Jakarta

Pisang goreng di Jakarta sering disajikan dengan berbagai cara dan resep yang berbeda. Salah satu resep yang diminati masyarakat adalah pisang goreng madu. Seperti namanya, adonan pisang goreng dicampurkan sedikit madu untuk menambah rasa manis. Warna yang dihasilkan saat matang cenderung cokelat seperti karamel.

Baca Juga  Mixue Laku Di Pasaran, Inilah Alasan Es Krim Jadi Camilan Favorit

Pisang Goreng Madu bu Nanik di Jakarta Barat menjadi penjual pisang goreng madu paling terkenal saat ini. Bahkan, produknya sudah diekspor hingga ke Thailand. Tidak hanya itu, instagram (@pisanggorengmadubunanik) memiliki lebih dari 55 ribu pengikut. Hal ini tentu membantu dalam mengembangkan serta memperluas produknya hingga ke berbagai wilayah.

Resep Pisang Goreng Madu

William Gozali, seorang chef sekaligus youtuber kuliner Indonesia, melalui youtube channelnya membagikan resep pisang goreng madu ala dirinya. Resep ini bisa dicoba untuk menambah variasi santapan pisang goreng di rumah:

Bahan-bahan:

  • 7-9 pisang raja
  • 200 gram tepung terigu
  • 75 gram tepung beras
  • 1 sdt baking powder
  • 30 gram gula
  • 3 sdt wijen
  • 1 tetes vanilla ekstrak
  • 1 sdm madu
  • 1 cubit garam
  • 1 sdm santen instan
  • 200-225 ml air, tuang perlahan

Bahan-bahan di atas dicampurkan untuk membuat adonan basah pisang goreng.

Campuran air dan madu:

  • 6 sdm madu
  • 10 sdm air
  • 1 cubit garam

Rendam pisang yang sudah dipotong-potong dalam campuran air dan madu. Setelah beberapa menit, masukan pisang yang sudah direndam ke dalam adonan basah. Goreng pisang di minyak panas.

Resep pisang goreng lain yang diminati masyarakat yaitu pisang goreng dengan kremes. Ada juga pisang goreng yang dinikmati dengan menambahkan topping kekinian, seperti Nutella, saus green tea, susu kental manis, hingga taburan biskuit.

Apapun resep dan cara menyantapnya, pisang goreng selalu menjadi pilihan camilan yang tepat bagi masyarakat Indonesia. Cocok dinikmati untuk sarapan, sore hari, maupun saat bersantai.

 

Editor: Addinda Zen

 

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life