Home » Petrokimia Gresik Berhasil Tingkatkan Produktivitas Padi Petani Gianyar

Petrokimia Gresik Berhasil Tingkatkan Produktivitas Padi Petani Gianyar

by Junita Ariani
2 minutes read

ESENSI.TV - BALI

Petrokimia Gresik, anggota holding Pupuk Indonesia memberikan pendampingan pertanian komprehensif kepada petani di Kabupaten Gianyar, Bali. Pendampingan diberikan mulai dari budidaya tanaman hingga pengelolaan produk pascapanen.

Pendampingan ini ditandai dengan panen demonstration plot (demplot) program Makmur di Desa Keliki, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar.

Direktur Operasi & Produksi Petrokimia Gresik, Digna Jatiningsih yang hadir dalam panen demplot menyampaikan, pendampingan ini dijalankan melalui Program Makmur.

Petrokimia Gresik melakukan demplot padi di tujuh titik dengan rata-rata produktivitas yang meningkat hingga 25 persen dibandingkan budidaya petani sebelumnya.

“Rata-rata hasil panen dari demplot Program Makmur ini mencapai 7,375 ton per hektare. Sementara produktivitas padi di sini sebelumnya hanya 5,9 ton per hektare,” jelas Digna dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/5/2023).

Peningkatan hasil panen ini menurut dia, menggunakan rekomendasi pemupukan berimbang Petrokimia Gresik. Yaitu Phosgreen (100 kg/Ha), ZA Plus (50 kg/Ha), pupuk organik Petroganik Premium (500 kg/Ha).

Urea Nonsubsidi (200 kg/Ha) dan NPK Phonska Plus (300 kg/Ha).

“Produk pupuk yang kami hadirkan ini juga merupakan alternatif substitusi bagi petani yang membutuhkan ZA, SP-36 dan Petroganik. Yang saat ini sudah tidak lagi disubsidi,” jelasnya.

Kandungan Tambahan

Petrokimia Gresik telah memberikan kandungan tambahan yang dibutuhkan tanaman pada pupuk baru tersebut. Tambahan kandungan ini akan memberikan hasil lebih optimal.

Baca Juga  Jelang Musim Tanam, Petani Diimbau Waspadai Peredaran Pupuk Tiruan

ZA Plus misalnya, memiliki kandungan Nitrogen 21%, Sulfur 24%, dan Zinc 1000 ppm.

“Keunggulan pupuk ini mampu memacu pertumbuhan jumlah anakan, tinggi tanaman. Jumlah daun dan menjadikan warna daun tampak lebih hijau,” terang Digna.

Selain itu juga meningkatkan mutu hasil panen dengan memperbaiki warna, aroma, rasa, dan besar buah/umbi. Selain itu juga menjadikan tanaman lebih tahan terhadap serangan hama atau penyakit.

Sementara Petroganik Premium memiliki kandungan C-organik tinggi, yakni minimal 15%, C/N ratio maksimal 25, pH antara 4 hingga 9.

Kandungan C-organik yang tinggi kata dia, menjadikan petroganik premium mampu memperbaiki struktur dan tata udara tanah dengan lebih optimal.

Sehingga penyerapan unsur hara oleh akar menjadi lebih baik.

“Pupuk ini cocok untuk semua jenis tanah dan jenis tanaman,” ujarnya.

Pada program ini, Petrokimia Gresik memberikan pelatihan dalam pengolahan gabah pascapanen, pemrosesan beras menjadi beras premium. Pengurusan izin P-IRT, pembuatan dan pengelolaan media sosial untuk promosi produk dan agrowisata.

Kemudian, pembuatan akun marketplace, serta pelatihan manajemen keuangan dan pemasaran.

“Kami berharap budidaya demplot yang telah dilaksanakan ini dapat diduplikasi oleh petani padi lain di Kabupaten Gianyar, maupun petani di Bali,” tutupnya. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life

Pagespeed Optimization by Lighthouse.