Home » Pj Gubernur Hassanudin Paparkan Potensi Pertanian di Sumut

Pj Gubernur Hassanudin Paparkan Potensi Pertanian di Sumut

by Junita Ariani
2 minutes read
Pj Gubernur Sumut Hassanudin berfoto bersama panitia dan narasumber lainnya pada Seminar Nasional Ketahanan Pangan

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin mengatakan, Sumut memiliki potensi pertanian yang sangat besar.

Sumut memiliki wilayah yang luas, baik darat maupun laut. Wilayah darat sekitar 72 juta hektare, lahan sawah sekitar 348.000 hektare, dan luas lahan kering satu juta hektare.

“Ini adalah potensi yang sangat besar. Bila dikelola dengan baik akan mampu mencukupi kebutuhan pangan penduduk Sumut sekitar 15 juta orang,” kata Hassanudin.

Ia mengatakan itu saat menjadi Keynote Speaker Seminar Nasional tentang Ketahanan Pangan. Seminar dilaksanakan Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) di Ballroom Bank Sumut, Lantai 10, Jalan Imam Bonjol, Medan, Sabtu (14/10/2023).

Menurut Hassanudin, isu pangan menjadi salah satu persoalan global dan juga masih menjadi permasalahan di Sumut. Terutama karena berkontribusi penyumbang inflasi dari bergejolaknya harga pangan.

“Saat kita bicara ketahanan pangan, khususnya di Sumut, ada dua isu utama. Yakni bergejolaknya harga-harga pangan, terutama beras. Sehingga menyumbang inflasi terbesar yakni 0.64 % pada September 2023. Kedua belum semua komoditas pangan mampu swasembada,” jelasnya.

Dikatakannya, indeks ketahanan pangan Sumut mengalami penurunan dari 78,3 tahun 2021 menjadi 71,22 tahun 2022. Ini harus menjadi perhatian bersama.

Indeks ini merupakan komposit yang terdiri dari aspek ketersediaan, keterjangakauan, keamanan maupun keberlanjutan.

Dijelaskannya, Pemprov Sumut dalam mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan telah melakukan berbagai kebijakan dan program.

Antara lain, mempertahankan dan meningkatkan swasembada beras melalui program intensifikasi dan ekstensifikasi. Mendorong hilirisasi hasil-hasil pertanian untuk meningkatkan nilai tambah dengan mempromosikan ekonomi sirkuler.

Hassanudin juga menjelaskan, upaya yang dilakukan Pemprovsu tidak terlepas dari masih banyaknya persoalan di sektor pertanian tanaman pangan.

Baca Juga  Hassanudin Harap Alun-alun Nias Utara Bisa Jadi Sentra Ekonomi Baru

Seperti ketersediaan bibit unggul bersertifikat yang belum mencukupi, pemanfaatan ketersediaan air, sarana produksi yang terbatas, hama dan cuaca.

Untuk itu, dia berharap, PIKI bisa membantu Pemprov Sumut memberikan solusi dan gagasan agar produktivitas pertanian meningkat. Sehingga ketahanan pangan Sumut bisa terus terjaga.

Dorong Hilirisasi Produk Pertanian

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PIKI, Badikenita Putri Br Sitepu mengatakan, seminar ini dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis 60 tahun PIKI

“PIKI hadir sejak 1963 dan hadir di 35 Provinsi di Indonesia, saat ini telah berusia 60 tahun. kita mengadakan rangkaian acara di setiap provinsi dengan topik yang berbeda. Puncak acara akan dilakukan pada 19 Desember 2023 di Jakarta,” jelasnya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PIKI Sumut Naslindo Sirait mengatakan, PIKI merupakan organisasi yang bercirikan pemikiran.

Outputnya itu adalah ide, gagasan dan pemikiran dari para cendikiawan.

“Bagaimana menyumbangkan pemikiran dan memberikan solusi kepada masyarakat sehingga mereka bisa lebih sejahtera,” ujanya.

Dikatakannya, PIKI juga mendorong hilirisasi produk-produk hasil pertanian untuk bisa diolah menjadi bahan setengah jadi, bahkan barang jadi. Sehingga terjadi hilirisasi di desa.

Untuk keamanan produk PIKI juga mendukug sertifikasi halal. Sehingga para UMKM makanan dan minuman tahun 2024 sudah memiliki sertifikasi halal.

Seminar Nasional Ketahanan Pangan ini menghadirkan narasumber di antaranya Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut Wira Kusuma.

Kemudian, Bupati Simalungun Hasiholan Sinaga, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Katolik Medan Posman Sibuea. Direktur Utama Bank Sumut Babay Parid Wazdi. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life