Home » Burhanuddin Muhtadi: Politisi Harus Mampu Adaptasi

Burhanuddin Muhtadi: Politisi Harus Mampu Adaptasi

by Addinda Zen
1 minutes read
Politisi Harus Mampu Adaptasi

ESENSI.TV - JAKARTA

Politisi dan politik Indonesia harus mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi saat ini.  Hal itu diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, di Jakarta, Jumat (17/3/2023).

“Setiap politisi yang tidak mampu beradaptasi terutama tidak mampu mengoptimalkan teknologi, pasti akan tertinggal,” ujar dia.

Adaptasi yang dimaksud, kata dia, mengikuti berbagai tantangan perubahan yang terjadi termasuk mengikuti budaya dan perkembangan di daerah sekitar. Berbagai isu yang ada di media sosial, juga menjadi salah satu targeting dalam menjangkau masyarakat secara masif.

Penguasaan Materi Politisi

Burhanuddin mengingatkan agar setiap tokoh politik menguasai materi yang akan disampaikan sebelum bernarasi. Seperti kemiskinan, penurunan angka pengangguran, penciptaan lapangan kerja serta ketersediaan sembako dan bahan pangan.

Baca Juga  Jelang Pemilu 2024, PPP Rombak Struktur Pengurus Harian Baru

“Termasuk harus memahami isu yang paling tepat untuk setiap generasi. Misalnya, untuk Generasi Z harus menarasikan isu-isu yang menjadi perhatian mereka. Jangan memaksakan semua isu untuk semua golongan,” jelas dia.

Ia menambahkan, bagi Generasi Z sudah seharusnya politisi menggunakan platform media sosial secara optimal. Tujuannya untuk mendistribusikan pesan kepada masyarakat secara luas.

“Bahkan seharusnya setiap politisi memiliki tim media sosial private yang akan membantu menganalisis dan mendistribusikan setiap pesannya kepada masyarakat. Harus dikerjakan dari sekarang. Jangan ‘ujug-ujug’ muncul ke masyarakat tanpa terjun ke lapangan,” tandas dia.

 

Editor: Addinda Zen/Raja H. Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life