Home » Presiden Saksikan Pengucapan Sumpah Asrul Sani Jadi Hakim MK

Presiden Saksikan Pengucapan Sumpah Asrul Sani Jadi Hakim MK

by Junita Ariani
1 minutes read
Presiden Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah Asrul Sani sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/1/2024). 

ESENSI.TV - JAKARTA

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan pengucapan sumpah Asrul Sani sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Diketahui Rapat Pleno Komisi III DPR RI secara resmi memutuskan Arsul Sani sebagai calon yang diusulkan oleh DPR menjadi hakim konstitusi. Ia menggantikan Wahidudin Adams.

Arsul Sani meraih suara mayoritas 9 Fraksi dari tujuh calon hakim MK yang mengikuti fit dan proper test atau uji kepatutan dan kelayakan. Uji Kepatuhan dilakukan Komisi III DPR pada 25-26 September 2023) di Senayan, Jakarta.

Penetapan Asrul Sani sebagai Hakim MK tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 102/P Tahun 2023. Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Hakim Konstitusi yang diajukan oleh Dewan Perwakilan rakyat (DPR).

Keppres yang ditetapkan Presiden Jokowi di Jakarta pada 24 Oktober 2023 itu, dibacakan Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Setneg Nanik Purwanti.

Baca Juga  3 Menteri Sepakat Tetap Merelokasi Ribuan Warga Demi Proyek Rempang Eco City

Usai penandatanganan Keppres, Asrul mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Kepala Negara.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Hakim Konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dan, menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ucap Asrul.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh Presiden Joko Widodo dan Asrul Sani.

Turut hadir dalam acara ini, yakni Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life