Home » PT Agincourt Resources Tambah Kuota Operasi Katarak Gratis untuk 1.300 Mata

PT Agincourt Resources Tambah Kuota Operasi Katarak Gratis untuk 1.300 Mata

by Administrator Esensi
2 minutes read
Agincourt Katarak

ESENSI.TV - SIPIROK

Pengelola Tambang Emas Martabe, PT. Agincourt Resources mengalokasikan kuota tambahan operasi katarak gratis. Kuota tambahan sebesar 30% dari target awal, yaitu sebanyak 1.300 mata bebas katarak di tahun 2023. Penambahan kuota ini menimbang antusiasme masyarakat yang besar untuk mengikuti Rangkaian Pemeriksaan dan Operasi Katarak Gratis 2023 “Buka Mata Lihat Indahnya Dunia”.

Presiden Direktur PT Agincourt Resources, Muliady Sutio menyampaikan, penambahan 300 mata diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat penderita katarak, terutama dari keluarga pra-sejahtera dan tinggal di area yang akses layanan kesehatannya terbatas. Selain itu, ia juga memberikan apresiasi pada para pasien yang tidak mudah menyerah dengan keadaan yang ada.

“Apresiasi untuk para pasien yang telah menjalani operasi katarak karena mereka adalah orang-orang yang tidak mudah menyerah. Dengan semangat kemanusiaan yang tinggi, kami memfasilitasi mereka untuk dapat melihat indahnya dunia. Kami juga berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan semua pihak yang terlibat yang sudah mendukung penyelenggaraan operasi katarak gratis ini,” tutur Muliady usai membuka perban mata pasien di RSUD Sipirok, Kamis (12/10).

Atas kegiatan ini, PT. Agincourt Resources turut mendapat apresiasi dari Bupati Tapanuli Selatan, Dolly Pasaribu dan Kepala Dinas Kesehatan Tapanuli Selatan, Mawarni Batubara. Dolly Pasaribu menyampaikan, ini merupakan upaya yang sangat luar biasa dari PT. Agincourt Resources.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PT Agincourt Resources yang secara konsisten setiap tahunnya hingga saat ini mengadakan operasi katarak gratis. Ratusan mata warga Tapanuli Selatan berhasil dioperasi, ini upaya yang sangat luar biasa,” ujar Dolly Pasaribu.

Baca Juga  Sambut Jemaah, Juru Masak di Madinah Diberi Pembekalan Layanan Katering

Operasi Katarak Gratis Mendatang

Pada kegiatan mendatang, PT. Agincourt Resources berencana menggelar operasi katarak gratis di dua titik, yakni RS Mata Siantar di Kota Pematang Siantar pada 20-21 Oktober dan RS Mata Mencirim 77 Medan pada 11-12 November. Melalui kegiatan-kegiatan ini, Rangkaian Pemeriksaan dan Operasi Katarak Gratis 2023 Tambang Emas Martabe menjangkau empat lokasi di Sumatra Utara.

“Pada operasi katarak tahun 2023, PTAR menggandeng RS Mata Mencirim 77 Medan yang sudah berpengalaman 18 tahun melaksanakan bedah katarak. Di Batangtoru, kami bekerja sama dengan Polri dan menggunakan fasilitas RS Bhayangkara. Sementara, di Sipirok, ibukota Tapanuli Selatan, kami bekerja sama dengan RSUD Sipirok,” ujar Katarina Siburian Hardono, Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources.

Tahun 2023 merupakan tahun kesembilan PTAR menyelenggarakan operasi katarak gratis. Sejak pertama kali diadakan pada 2011 hingga saat ini, operasi katarak yang dihelat PTAR telah menyembuhkan lebih dari 10.000 mata dari sekitar 8.000 orang dan memberikan manfaat tidak langsung kepada puluhan ribu orang, tidak hanya keluarga pasien tapi juga masyarakat di sekelilingnya.

 

 

Editor: Addinda Zen/Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life