Home » Puan Undang Perusahaan Jepang Perbanyak Investasi ke Indonesia

Puan Undang Perusahaan Jepang Perbanyak Investasi ke Indonesia

by Junita Ariani
2 minutes read
Ketua DPR RI Puan Maharani

ESENSI.TV - JEPANG

Ketua DPR RI Puan Maharani mengundang perusahaan-perusahaan Jepang untuk semakin banyak berinvestasi ke berbagai Proyek Strategis Nasional (PSN) Indonesia.

Hal itu disampaikan Puan saat bertemu dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang, Yasutoshi Nishimura. Pertemuan berlangsung di Imperial Hotel, Tokyo, Jepang, Rabu (11/10/2023) malam waktu setempat.

Pertemuan Puan dengan Menteri Nishimura sendiri merupakan kunjungan balasan setelah Menteri Ekonomi Jepang itu disambut di Gedung DPR RI pada awal September tahun lalu.

Di awal pertemuan, Puan menyampaikan apresiasi atas hubungan diplomatik Indonesia-Jepang yang sudah berjalan selama 65 tahun.

“Sebagai Ketua DPR RI, saya selalu memberikan dukungan agar hubungan Indonesia-Jepang semakin erat,” ujar Puan dalam keterangan persnya, Kamis (12/10/2023).

Puan juga berbicara mengenai pentingnya peran Parlemen dalam hubungan diplomatik antar-negara. Hal ini lantaran Parlemen merupakan representasi dari rakyat.

Sebagai mitra strategis Indonesia, Puan mengajak Jepang untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi. Terutama pada akses pasar produk perikanan Indonesia ke Jepang terkait dengan Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA).

Dalam bidang investasi, Puan juga mengundang Jepang untuk meningkatkan investasi di berbagai PSN Indonesia. Apalagi Jepang merupakan investor terbesar ke dua Indonesia dalam beberapa dekade terakhir.

“Saya turut mengundang investasi Jepang di sektor strategis di Indonesia seperti infrastruktur, energi, transportasi dan industri kendaraan elektrik,” lanjutnya.

Baca Juga  Presiden dan Ibu Iriana Tiba di Arab Saudi, Ikuti KTT ASEAN-GCC

Dukungan Jepang

Puan juga menyinggung soal diperlukannya penyelesaian tepat waktu proyek-proyek investasi pada pembangunan proyek pembangunan di Indonesia yang mendapat dukungan dari Jepang.

Seperti proyek MRT Jakarta, proyek pembangunan Pelabuhan Patimban. Di mana JICA juga memberikan pinjaman dana kepada Indonesia dalam proyek yang dibangun melalui 3 tahapan itu.

Tahap 1 dibangun pada tahun 2018 sampai dengan tahun 2021, dan tahap 1- 2 dilaksanakan pada tahun 2022 sampai dengan tahun 2025.

Kemudian tahap selanjutnya akan dilanjutkan pada tahap 2 dan 3. Puan mengatakan, ketepatan waktu pembangunan dapat menciptakan lingkungan investasi yang sehat.

“Saya juga mengharapkan penyelesaian tepat waktu dari pembangunan infrastruktur strategis yang didukung Jepang. Yaitu proyek MRT Jakarta, dan pelabuhan Patimban,” harap legislator Dapil Jawa Tengah V itu.

Pada kesempatan tersebut, Puan didampingi oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris, Anggota Komisi V DPR RI Irine Yusiana Roba Putri dan Sekjen DPR RI Indra Iskandar.

Sementara Menteri Nishimura didampingi oleh Direktur Jenderal Kebijakan Perdagangan Jepang, Tekehiro Matsuo, Direktur Divisi Asia dan Pasifik Jepang, Mami Fukuchi.

Sekretaris Eksekutif Menteri Perekonomian, Perdagangan dan Industri Jepang, Masaki Higurashi dan Wakil Direktur Utama, Divisi Asia dan Pasifik Jepang, Hiroshi Nishimoto. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life