Home » Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 Diperkirakan Terjadi 6 April

Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 Diperkirakan Terjadi 6 April

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Ilustrasi arus mudik. Foto: Ist

ESENSI.TV - JAKARTA

Arus mudik sudah berlangsung sejak 3 April, dan diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada Sabtu, 6 April 2024 (H-4) dengan jumlah penumpang di 20 bandara diperkirakan mencapai 317.835 penumpang.

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia, jumlah penumpang pada puncak arus mudik diproyeksikan mencapai 188.795 penumpang.

“AP II telah menyiapkan rencana operasi untuk memastikan kelancaran pelayanan dan operasional bandara di tengah tingginya lalu lintas penerbangan termasuk pada puncak arus mudik,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura/AP II, Agus Wialdi, seperti dilansir dari Info Publik, Sabtu (6/4/2024).

Adapun titik penting yang menjadi fokus di tengah tingginya lalu lintas penerbangan termasuk pada puncak arus mudik, antara lain area check in counter, boarding lounge, hingga pengaturan flow penumpang pesawat dan pengaturan slot time irregular di waktu sibuk.

Sementara titik penting saat kedatangan penumpang antara lain layanan bagasi di baggage claim area dan ketersediaan moda transportasi darat. AP II terus berkoordinasi dengan pihak ground handling terkait penanganan bagasi penumpang pesawat.

Baca Juga  Puncak Arus Mudik Nataru Diprediksi 22-23 Desember 2023

Selain itu, juga berkoordinasi dengan maskapai untuk merencanakan dengan baik alokasi parkir pesawat untuk kemudahan pelayanan kepada para penumpang pesawat.

Hal ini disampaikannya saat Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melakukan Kunjungan Kerja lapangan ke Bandara Soekarno-Hatta dan Pelabuhan Penyeberangan Merak untuk memastikan kesiapan layanan, infrastruktur, dan transportasi pada penyelenggaraan mudik Lebaran di Provinsi Banten, khususnya pada periode puncak pada Sabtu (6/4) atau H-4 dan Minggu (7/4) atau H-3.

Di tempat yang sama, Direktur Teknik PT Angkasa Pura Indonesia M. Suriawan Wakan mengatakan seluruh fasilitas operasional dan pelayanan dipastikan dalam kondisi baik dalam periode Angkutan Lebaran 2024.

“Kami memastikan seluruh fasilitas termasuk di sisi udara baik dan bersih. Kami juga telah mempersiapkan antisipasi untuk keadaan yang tidak diinginkan,” ujar Suriawan Wakan.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life