Home » Rest Area Termegah di Salatiga Ini Ada Mallnya? Intip Faktanya

Rest Area Termegah di Salatiga Ini Ada Mallnya? Intip Faktanya

by Administrator Esensi
2 minutes read
Jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Jasa Marga diminta agar dapat memperhatikan kebersihan fasilitas rest area yang ada.

ESENSI.TV - JAKARTA

Rest Area Pendopo Salatiga Km 456 (Resta Pendopo 456) yang terletak di ruas Tol Semarang-Solo atau Trans Jawa. Rest area ini digadang-gadang menjadi rest area termegah di Indonesia.

Rest Area Pendopo Salatiga Km 456 ini berlokasi tidak jauh dari Exit Tol Salatiga. Adapun kemegahan dari rest area ini bisa dinikmati oleh pengguna jalan tol dari arah Semarang ke Solo atau sebaliknya.

Rest area yang resmi beroperasi pada 20 Februari 2020 ini telah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai Rest Area Terbaik pada Juni 2021.

Berikut lima fakta menarik   Rest Area Pendopo Salatiga   KM 456 yang telah tim TrenAsia.com rangkum:

1. Pemandangan yang indah

Rest area ini digadang memiliki pemandangan yang indah yaitu pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Gunung Ungaran yang ada di sekitar ruas jalan tol Trans Jawa tersebut.

Tidak hanya disuguhi pemandangan yang indah serta menyejukan mata, namun arsitektur bangunan dari rest area ini sangat estetik. Sehingga bisa digunakan pengunjung atau pengendara sebagai tempat foto, healing sekaligus beristirahat dari perjalanan yang jauh.

2.  Area konservasi tanaman buah langka

Selain memiliki pemandangan yang indah, Rest Area Pendopo Salatiga ini memiliki area khusus area konservasi tanaman buah langka nusantara.

Saat ini telah terdapat enam jenis bibit tanaman buah langka yang ditanam di area seluas 712,5 m2 yaitu Pouteria Campechiana (alkesa), Diospyros Blancoi (bisbul), Bouea Macrophylla (gandaria), Syzygium Polycephalum (gowok), Guttiferae (mundu) dan A. Muricata (sirsak rowo). Dari enam jenis bibit tersebut tiga diantaranya merupakan jenis tanaman asli Jawa Tengah yaitu gowok, gandaria dan mundu.

Baca Juga  Masyarakat Datangi DPR RI Imbas Revisi UU Desa

3. Ada mall

Tidak hanya menyediakan tempat istirahat dan kuliner, namun rest area ini juga tersedia mall yang terletak di Resta Pendopo KM 456 sisi A (arah dari Semarang menuju Solo).

Dalam mall tersebut menyediakan outlet-outlet lokal sampai nasional. Mulai dari Starbucks, Solaria, Tong Tji, Istana Mie, Banaran sampai produk fashion seperti Salezone & Levi’s. Selain itu kuliner lokal legendaris juga tersedia di sini, seperti Ayam Goreng bu Toha, Vien’s Selat, Ronde Jago, Gudeg, Lumpia Semarang serta masih banyak lagi.

4. Ada Sky Bridge

Sky bridge merupakan jembatan penghubungan antara kedua sisi rest area. Selain menjadi penghubung, biasanya para pengunjung menggunakan skybridge sebagai spot foto dengan latar Gunung Merbabu, dan hamparan sawah di sekitar rest area.

5. Rest area tipe A

Rest area ini termasuk salah satu rest area dengan tipe A yang artinya memiliki fasilitas yang lengkap dan areanya cukup luas sekitar 3 ,3 hektare.

Adapun fasilitas tipe A yang tersedia di rest area ini mulai dari toilet umum, tempat ibadah, stasiun pengisian bahan bakar umum, minimarket, kios jajanan, pujasera, mesin ATM, dll.

Kemudian, lahan parkir rest area ini bahkan diklaim mampu menampung lebih dari 200 kendaraan kecil dan sekitar 40 kendaraan besar seperti bus dan truk. Selain itu rest area turut dilengkapi masjid dan musholla yang masing-masing memiliki kapasitas 200 orang.

 

Editor : Firda Nursyafira / Addinda Zen

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life