Home » Roti Canai: Kuliner Warisan Malaysia yang Menggugah Selera

Roti Canai: Kuliner Warisan Malaysia yang Menggugah Selera

by Administrator Esensi
2 minutes read
https://asset.kompas.com/crops/DuOY29xwukaR-aSAbCkotfe7M2A=/37x0:917x587/780x390/data/photo/2022/11/25/6380edd0342a9.jpg

ESENSI.TV - JAKARTA

Roti Canai, juga dikenal sebagai “roti paratha” di beberapa wilayah, adalah salah satu makanan khas Malaysia yang sangat populer. Hidangan ini adalah sejenis roti yang lembut di tengah namun renyah di pinggirannya. Roti Canai sering disajikan dengan berbagai jenis kuah dan daging, seperti daging kambing, ayam, atau ikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 fakta menarik tentang Roti Canai:

Asal Usul Roti Canai

Roti Canai berasal dari wilayah India Selatan, khususnya Tamil Nadu. Roti ini kemudian dibawa ke Malaysia oleh para imigran India Selatan, di mana hidangan ini berkembang menjadi salah satu makanan populer.

Proses Pembuatan

Roti Canai dibuat dengan mencampurkan tepung terigu, telur, susu, ghee (mentega cair), garam, dan air. Adonan ini kemudian dilipat dan digulung tipis-tipis sebelum digoreng dalam minyak atau mentega.

Konsistensi dan Tekstur

Roti Canai memiliki tekstur yang unik. Di tengahnya, roti ini lembut dan lentur, sementara pinggirannya renyah dan garing akibat proses penggorengan.

Penghidangan Tradisional

Roti Canai sering disajikan dengan berbagai jenis kuah, seperti kuah kari daging, kuah kari ayam, atau kuah dhal. Selain itu, Roti Canai juga bisa disantap dengan acar dan sambal.

Popularitas di Malaysia

Roti Canai adalah salah satu makanan yang paling populer di Malaysia, terutama sebagai sarapan atau makanan ringan. Banyak warung dan gerai kecil yang menjual Roti Canai dengan berbagai pilihan kuah.

Baca Juga  Ikan Asar: Kelezatan Ikan Bakar Khas Indonesia

Pencarian oleh Wisatawan

Wisatawan yang mengunjungi Malaysia sering mencari Roti Canai untuk mencicipi hidangan tradisional ini. Rasanya yang khas dan keunikan teksturnya menjadikan Roti Canai sebagai makanan wajib dicicipi saat berkunjung ke Malaysia.

Varian Rasa dan Isian

Selain disajikan dengan kuah, Roti Canai juga bisa diisi dengan telur, daging kambing, ayam, atau ikan. Setiap varian memberikan pengalaman rasa yang berbeda.

Proses Memasak yang Rumit

Meskipun terlihat sederhana, proses pembuatan Roti Canai membutuhkan keahlian khusus. Para pembuat Roti Canai harus mahir dalam membentuk adonan dan menggorengnya dengan tepat.

Pengaruh Budaya India

Roti Canai mencerminkan pengaruh budaya India di Malaysia. Bahan-bahan tradisional India seperti tepung terigu, ghee, dan rempah-rempah memberikan cita rasa khas pada hidangan ini.

Kuliner Warisan

Roti Canai adalah salah satu warisan kuliner yang patut dilestarikan. Kelezatan dan keunikannya menjadikan Roti Canai sebagai salah satu hidangan yang banyak diminati di seluruh dunia.

Roti Canai adalah hidangan yang mencerminkan kekayaan budaya dan kuliner India di Malaysia. Tekstur yang lembut namun renyah, disajikan dengan berbagai jenis kuah dan isian, menciptakan kombinasi cita rasa yang memukau. Mencicipi Roti Canai adalah memasuki dunia kuliner yang autentik dan memanjakan lidah dengan cita rasa yang khas.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life