Home » Roti Prata: Kelezatan Lumer di Lidah

Roti Prata: Kelezatan Lumer di Lidah

by Administrator Esensi
2 minutes read
https://asset.kompas.com/crops/DuOY29xwukaR-aSAbCkotfe7M2A=/37x0:917x587/780x390/data/photo/2022/11/25/6380edd0342a9.jpg

ESENSI.TV - JAKARTA

Roti Prata adalah salah satu hidangan populer yang berasal dari India, namun telah menjadi makanan favorit di Singapura dan Malaysia. Hidangan ini adalah sejenis roti tipis yang digoreng hingga garing dan disajikan dengan berbagai jenis saus, baik manis maupun gurih. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 fakta menarik tentang Roti Prata:

Asal Usul Roti Prata

Roti Prata berasal dari India Selatan, khususnya di daerah Chennai. Namun, seiring dengan migrasi dan penyebaran budaya, Roti Prata menjadi makanan khas yang sangat populer di Singapura, Malaysia, dan Brunei.

Pengaruh Budaya India

Roti Prata merupakan contoh nyata dari pengaruh budaya India yang signifikan di Asia Tenggara. Kata “Prata” berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti “terlipat”.

Bahan Utama

Roti Prata terbuat dari adonan tepung, ghee (mentega cair), garam, dan air. Adonan ini kemudian dipipihkan dan dilipat sebelum digoreng.

Proses Pembuatan

Adonan Roti Prata dipersiapkan dengan mencampurkan bahan-bahan utama, kemudian adonan diuleni hingga elastis. Setelah itu, adonan dipotong-potong, dipipihkan, dan digulung. Setelah digulung tipis, roti ini digoreng.

Tekstur dan Rasa Unik

Roti Prata memiliki tekstur yang lembut di dalam, namun crispy di luar. Rasa gurih dari mentega dan campuran tepung memberikan cita rasa yang khas dan lezat.

Penghidangan Tradisional

Roti Prata sering disajikan dengan berbagai jenis saus seperti saus kari, saus pedas, saus manis, atau saus kacang. Hidangan ini bisa disantap sebagai sarapan, camilan, atau makanan utama.

Baca Juga  Kelezatan Laut: Panduan Memilih dan Mengolah Makanan Laut dengan Sempurna

Popularitas di Hawker Center

Roti Prata adalah hidangan yang sering dijumpai di hawker center, pusat makanan, dan restoran India di Singapura dan Malaysia. Karena popularitasnya, kini Roti Prata juga tersedia di banyak negara di luar Asia Tenggara.

Versi Manis dan Asin

Roti Prata tidak hanya hadir dalam versi gurih, tetapi juga ada versi manis yang disajikan dengan gula dan pisang, atau versi asin dengan saus dan daging.

Pencarian oleh Wisatawan

Wisatawan yang mengunjungi Singapura dan Malaysia sering mencari pengalaman mencicipi Roti Prata. Hidangan ini menjadi salah satu tujuan kuliner favorit bagi wisatawan.

Kuliner Warisan

Roti Prata adalah salah satu warisan kuliner yang patut dilestarikan. Kelezatan dan keunikannya menjadikan Roti Prata sebagai salah satu hidangan yang banyak diminati di seluruh dunia.

Roti Prata adalah hidangan yang mencerminkan kelezatan kuliner India dan pengaruh budaya yang melintasi batas negara. Teksturnya yang lembut dan gurih, dipadu dengan saus-saus beragam, menjadikan hidangan ini begitu dicari dan disukai oleh banyak orang. Mencicipi Roti Prata adalah pengalaman kuliner yang memungkinkan kita untuk merasakan keindahan rasa dan kelezatan kuliner India yang autentik.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life