Home » Sebanyak 10 IKM Kerajinan Lokal Mejeng di Jerman

Sebanyak 10 IKM Kerajinan Lokal Mejeng di Jerman

by Junita Ariani
1 minutes read
Kemenperin mengikutsertakan industri kecil dan menengah (IKM) dalam Pameran Ambiente di Messe Frankfurt, Jerman pada akhir Januari 2024.

ESENSI.TV - JAKARTA

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengikutsertakan industri kecil dan menengah (IKM) dalam Pameran Ambiente di Messe Frankfurt, Jerman pada akhir Januari 2024.

Ada 10 IKM yang ikut serta dalam Pameran Ambiente 2024. Yaitu Grandis Home, Bana Andaru Nusantara, Yogya Indo Global, Jawa Classic, Alam Cipta Karya, Hasibuan Design.

Abbacraft Multi Kreasi, Art Classic Indonesia, Indorisakti, dan Siji Lifestyle.

Demikian disampaikan Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Reni Yanita dalam keterangannya dikutip, Kamis (8/2/2024) di Jakarta.

Menurutnya, para peserta IKM mengisi lahan pameran seluas 133 meter persegi dengan konstruksi special design. Dan, mendapatkan fasilitasi biaya pengiriman produk serta media package promotiondari Ditjen IKMA.

“Tahun 2024 merupakan keikutsertaan Ditjen IKMA Kemenperin yang ke-14 dalam Pameran Ambiente sejak tahun 2008. Pameran ini digelar di Messe Frankfurt, Jerman dan merupakan pameran dagang internasional di sektor home decor dan kerajinan,” ujarnya.

Baca Juga  Cerita Pemain U-17 Beradaptasi dengan Cuaca Dingin di Jerman

Ambiente rutin dilaksanakan setiap tahun dan menjadi salah satu pameran bergengsi di Eropa. Tahun ini dihadiri oleh 3.681 peserta dan pengunjung dari 168 negara selama tanggal 26-30 Januari 2024.

Ia menilai keikutsertaan 10 IKM home decor dan kerajinan dalam pameran ini, menjadi ajang promosi untuk memperluas pasar ekspor IKM.

Pameran Ambiente juga kata dia, diharapkan dapat membantu para pelaku IKM dalam mempromosikan inovasi produk terbaru. Membuka hubungan bisnis baru, dan membina hubungan baik dengan para buyer yang sudah terjalin selama ini.

Pada Ambiente tahun ini, nilai permintaan terhadap produk IKM yang difasilitasi Ditjen IKMA mencapai USD457 ribu. Dan, nilai penawaran sebesar USD775 ribu.

“Hal ini menunjukkan bahwa Pameran Ambiente membantu meningkatkan ekspor industri kerajinan dan home decor,” sebut Reni. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life