Home » Sebanyak 95.769 Calon Mahasiswa Ikuti Ujian Masuk PTKIN 2023

Sebanyak 95.769 Calon Mahasiswa Ikuti Ujian Masuk PTKIN 2023

by Ale Luna
2 minutes read
Sebanyak 95.769 Calon Mahasiswa Ikuti Ujian Masuk PTKIN 2023/Kemenag

ESENSI.TV - JAKARTA

Sebanyak 95.679 calon mahasiswa mengikuti ujian masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2023.

Kementerian Agama secara nasional menggelar Seleksi Prestasi Akademik Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN) 2023.

Ujian Masuk PTKIN 2023 diikuti sebanyak 95.769 orang pendaftar yang akan mengikuti ujian menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) di titik lokasi kampus PTKIN di seluruh Indonesia, mulai 29 Mei hingga 8 Juni 2023.

SSE adalah aplikasi ujian yang menggunakan komputer (PC/Laptop). Melalui SSE, pelaksanaan ujian tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban.

Sekjen Kemenag Nizar mengungkapkan bahwa minat publik untuk mendaftar di PTKIN setiap tahunnya terus meningkat dan ini menujukkan kepercayaan publik terhadap PTKIN semakin membaik.

“Kita bersyukur sesuai informasi yang kami peroleh bahwa hampir setiap tahun minat publik untuk masuk perguruan tinggi kita terus naik dan tentu ini membuktikan kepercayaan publik kepada PTKIN di bawah Kementerian Agama juga terus membaik,” kata Nizar dalam keterangan resminya, Selasa (30/5).

“Ini modal yang kuat untuk melakukan penguatan-penguatan di segala aspek di perguruan tinggi,” lanjut Nizar.

Baca Juga  Hari Bhakti Adhyaksa, Jokowi Apresiasi Langkah Kejaksaan dalam Pengembalian Aset Negara

Lebih lanjut Nizar menambahkan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam untuk melakukan perbaikan dari berbabagi aspek SPAN UM-PTKIN 2023 yang menjadi pintu masuk dan kontrol kualitas rekruitmen mahasiswa melalui ujian masuk.

“Saya yakin dan percaya dengan adanya kontrol kualitas dari sisi ujian masuk ini tentu akan memberikan input yang baik terutama dari potensi akademik dan non akademik yang ada di perguruan tinggi keagamaan melalui jalur-jalur yang sudah disiapkan baik jalur prestasi akademik dan non akademik,” ujar dia.

Sementara itu Ketua Panitia SPAN UM PTKIN Imam Taufiq menambahkan, peserta yang mengikuti UM PTKIN 2023 berjumlah sebanyak 95.769 orang dengan rincian laki-laki sebanyak 37 persen dan perempuan 63 persen.

Jumlah berbasis pendaftar agama, 98 persen beragama Islam sisanya dari agama lain yang membuktikan UM-PTKIN inklusif bagi agama lain.

“Dalam UM-PTKIN 2023 ini juga terdapat sebanyak 79 peserta difabel. Ini membutuhkan kesiapan dari panitia lokal agar peserta difabel bisa mengikuti ujian dengan baik,” kata Imam.*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral

#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life