Home » Seruit, Hidangan Ikan Khas Lampung

Seruit, Hidangan Ikan Khas Lampung

by Administrator Esensi
1 minutes read
https://osccdn.medcom.id/images/content/2021/05/28/864df87e0fcae3170a241d6d114c1df4.jpg

Seruit adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa khas dan berasal dari Provinsi Lampung, sebuah provinsi yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera. Hidangan ini memang tidak sepopuler beberapa hidangan khas Indonesia lainnya, namun memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner. Dalam artikel ini, kita akan membahas fakta menarik tentang Seruit:

Asal Usul Seruit

Seruit adalah hidangan khas Lampung, sebuah provinsi yang kaya akan keanekaragaman kuliner. Hidangan ini telah ada selama bertahun-tahun dan menjadi bagian integral dari kebudayaan masyarakat Lampung.

Bahan Utama

Bahan utama dalam Seruit adalah ikan, seperti ikan patin atau ikan mas. Ikan ini diolah dengan bumbu khas untuk menghasilkan cita rasa yang menggugah selera.

Tekstur dan Cita Rasa Khas

Seruit memiliki tekstur yang unik, yaitu daging ikan yang diiris tipis-tipis dan diasinkan, menciptakan tekstur kenyal dan gurih. Cita rasa ikan yang lezat juga memberikan karakteristik khas pada hidangan ini.

Pengolahan Ikan

Ikan yang digunakan untuk Seruit diolah dengan dicampur dengan bumbu-bumbu dan direbus hingga matang. Setelah itu, ikan dipotong tipis-tipis dan direndam dalam bumbu selama beberapa saat untuk mendapatkan citarasa yang meresap sempurna.

Penghidangan

Seruit disajikan sebagai hidangan utama, seringkali dengan nasi. Hidangan ini juga bisa dijadikan sebagai lauk pendamping.

Baca Juga  Menparekraf Harap HIPMI Culinary Promosikan Kuliner Nusantara

Popularitas Lokal

Meskipun mungkin tidak sepopuler hidangan nasional lainnya, Seruit sangat populer di kalangan masyarakat Lampung. Hidangan ini juga dapat ditemui di berbagai rumah makan dan warung makan di wilayah tersebut.

Keanekaragaman Variasi

Seperti banyak hidangan tradisional, Seruit memiliki berbagai variasi tergantung pada selera dan preferensi lokal. Beberapa variasi mungkin memiliki cita rasa pedas lebih kuat atau tambahan bumbu-bumbu khas tertentu.

Pengaruh Budaya

Seruit mencerminkan budaya dan adat istiadat masyarakat Lampung. Penggunaan ikan sebagai bahan utama juga mencerminkan kekayaan alam dan kebiasaan makanan masyarakat pesisir.

Daya Tarik Wisata Kuliner

Seruit juga menjadi daya tarik wisata kuliner bagi wisatawan yang berkunjung ke Provinsi Lampung. Rasanya yang unik dan khas mampu memikat para pecinta kuliner.

Seruit adalah hidangan yang mencerminkan kekayaan kuliner Lampung dan merupakan pilihan yang lezat bagi pencinta makanan laut. Rasanya yang unik dan bumbu khas Lampung membuat Seruit menjadi salah satu makanan yang patut dicoba ketika mengunjungi provinsi ini. Mengenal dan mencicipi Seruit adalah mengenali keindahan budaya dan tradisi kuliner Indonesia yang kaya.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life