Home » Stonehenge: Menara Batu Misterius di Salisbury

Stonehenge: Menara Batu Misterius di Salisbury

by Achmat
2 minutes read
Stonehenge

ESENSI.TV - Jakarta

Stonehenge, yang terletak di padang rumput Salisbury, Inggris, adalah salah satu peninggalan arkeologis paling misterius dan ikonik di dunia. Struktur ini terdiri dari sekelompok batu raksasa yang disusun secara unik. Hal ini menciptakan pemandangan yang mempesona dan membangkitkan keingintahuan tentang tujuan sejatinya.

Stonehenge diperkirakan dibangun antara tahun 3000 SM dan 2000 SM, membuatnya lebih tua dari piramida Mesir. Asal usulnya masih menjadi misteri, tetapi dipercaya bahwa pembangunan Stonehenge dilakukan dalam beberapa tahap oleh masyarakat pra-sejarah yang menggunakan alat-alat sederhana.

Satu hal yang membuat Stonehenge sangat istimewa adalah arsitekturnya yang unik. Struktur ini terdiri dari lingkaran batu yang lebih kecil di dalam lingkaran batu yang lebih besar. Batu-batu yang besar dan berat ditempatkan secara presisi, dan beberapa batu memiliki hiasan berbentuk busur yang menambahkan kompleksitas visual pada struktur tersebut.

Tujuan sebenarnya dari Stonehenge tetap menjadi misteri. Beberapa teori menunjukkan bahwa Stonehenge adalah observatorium astronomi, sementara teori lain mengatakan bahwa itu adalah tempat ibadah atau pusat keagamaan. Fakta bahwa struktur tersebut memiliki hubungan dengan siklus matahari dan bulan menunjukkan kemungkinan fungsinya dalam kaitannya dengan kalender atau ritus-ritus agama kuno.

Salah satu aspek yang membingungkan tentang Stonehenge adalah bagaimana masyarakat pra-sejarah mampu memindahkan batu-batu raksasanya. Batu-batu ini berasal dari daerah bernama Marlborough Downs, sekitar 32 kilometer dari lokasi Stonehenge. Proses pemindahan batu-batu ini melibatkan perjalanan yang panjang dan kemungkinan keterlibatan ratusan orang.

Baca Juga  Tanah Lot, Keindahan Mistis di Pantai Bali

Seiring berjalannya waktu, Stonehenge mengalami perubahan dan penambahan. Struktur ini telah menjadi tempat pemakaman, dan beberapa sumur di sekitarnya mengandung artefak-artefak yang memberikan wawasan tentang kehidupan dan budaya masyarakat yang mendiami daerah tersebut pada masa lalu.

Preservasi dan Pariwisata

Stonehenge kini dilindungi sebagai Warisan Dunia UNESCO dan ditangani oleh English Heritage. Situs ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan, peneliti, dan pecinta sejarah. Meskipun pengunjungan ke batu-batu itu sendiri dibatasi untuk melindungi situs, pusat pengunjung modern menyediakan informasi mendalam dan pengalaman interaktif.

Meskipun banyak penelitian dan teori telah diajukan tentang Stonehenge, misteri seputar keberadaan dan tujuan sejatinya tetap menjadi bagian yang belum terpecahkan. Keunikan Stonehenge tidak hanya menciptakan rasa kagum terhadap kemampuan manusia pra-sejarah, tetapi juga mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menantang dan menarik tentang perjalanan panjang sejarah manusia. Stonehenge tetap menjadi peninggalan misterius yang memberikan pesona dan inspirasi bagi generasi setelah generasi.

#beritaviral
#faktamenarik

Editor: Agita Maheswari

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life