Home » Stress Karena Enggak Dipuji? Baca Ini, Mungkin Kamu Kena Gangguan Kepribadian Narsistik

Stress Karena Enggak Dipuji? Baca Ini, Mungkin Kamu Kena Gangguan Kepribadian Narsistik

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Ilustrasi gangguan kepribadian narsistik. Foto: Image by stockking on Freepik

ESENSI.TV - JAKARTA

Gangguan kepribadian narsistik atau Narcissistic personality disorder (NPD) adalah kondisi yang dapat didiagnosis yang ditandai dengan impulsif, mudah berubah-ubah, mencari perhatian dan kurangnya empati.

Ini adalah sebuah penyakit berat karena bisa menyebabkan masalah dalam hubungan dengang orang-orang di sekitar, serta mempengarugi kesehatan orang yang mengalaminya.

Maka dari itu perlu kamu perlu memahami apa itu  gangguan kepribadian narsistik?

Gangguan kepribadian narsistik (NPD) adalah suatu kondisi kesehatan mental di mana seseorang mungkin menunjukkan pola perilaku atau pengalaman batin.

Kebutuhan penderita NPD adalah lain kebutuhan akan kekaguman dari orang lain, rasa mementingkan diri sendiri yang berlebihan atau berlebihan, rasa berhak, keasyikan dengan diri mereka sendiri dan kurangnya empati terhadap orang lain.

Apa saja penyebabnya, gejala dan cara mengatasinya. Ini 4 hal soal NPD yang perlu kamu pahami, seperti dilansir dari artikel Jenette Restivo dalam Harvard Health Publishing, dan telah ditinjau oleh Stephanie Collier, Anggota Dewan Penasihat Editorial, Harvard Health Publishing, Sabtu (3/2/2024).

1. Penyebab gangguan kepribadian narsistik

Para peneliti mencoba memahami penyebab NPD. Para ahli percaya bahwa kombinasi riwayat keluarga dengan NPD, serta pengalaman awal kehidupan tertentu, mungkin menjadi faktor kunci yang menyebabkan kondisi tersebut.

Beberapa pengalaman anak usia dini yang dianggap berkontribusi terhadap NPD meliput ditolak saat masih kecil,
pujian berlebihan dari orang tua atau pengasuh, penilaian berlebihan oleh orang tua atau pengasuh, serta trauma atau pelecehan.

2. Jenis gangguan kepribadian narsistik

Penelitian menunjukkan mungkin terdapat subtipe NPD yang berbeda.

Megah: Subtipe ini digambarkan sebagai orang yang suka mencari perhatian, berhak, sombong, eksploitatif, kurang empati, dan menawan.

Rentan: Subtipe ini digambarkan sebagai orang yang pemalu, sangat sensitif terhadap kritik atau berkulit tipis dan sangat iri hati. Namun, individu ini mungkin diam-diam menyimpan keagungan.

Baca Juga  Ini Bahayanya Minum Susu Sebelum Tidur

Berfungsi tinggi: Subtipe ini digambarkan sebagai subtipe yang muluk-muluk, kompetitif, mencari perhatian dan provokatif secara seksual. NPD sering kali salah didiagnosis pada orang dengan subtipe ini karena mereka mungkin tidak tampak memiliki gangguan kepribadian.

Subtipe muluk dan rentan sangat mementingkan diri sendiri.

3. Mendiagnosis gangguan kepribadian narsistik

Banyak penderita NPD merasa tidak ada yang salah dengan dirinya. Mereka mungkin tidak mencari pengobatan atau jika mereka melakukannya, hal itu sering terjadi karena kondisi lain seperti depresi atau penggunaan narkoba.

Jika kamu menemui ahli kesehatan mental, dia akan menanyakan gejala kamu, termasuk tingkat keparahan dan durasinya.

Mereka juga kemungkinan akan melakukan wawancara psikiatris untuk memahami lebih banyak tentang kepribadian kamu, keterampilan mengatasi masalah dan hubungan interpersonal.

Membuat diagnosis gangguan kepribadian narsistik dapat menjadi tantangan karena, seringkali NPD muncul bersamaan dengan gangguan kesehatan mental lainnya seperti gangguan penggunaan narkoba.

Kemudian, depresi, kecemasan, gangguan bipolar, gangguan kepribadian lainnya, seperti gangguan kepribadian antisosial, gangguan kepribadian ambang, gangguan kepribadian histrionik atau gangguan kepribadian skizotipal.

 4. Perawatan gangguan kepribadian narsistik

Perawatan untuk gangguan kepribadian narsistik biasanya melibatkan psikoterapi (terapi bicara) dengan ahli kesehatan mental.

Bentuk terapi ini dapat dilakukan secara individu atau bersama pasangan atau keluarga, dan dapat membantu Anda berhubungan dengan orang lain dengan cara yang lebih positif.

Tidak ada obat yang disetujui FDA untuk pengobatan NPD. Namun, beberapa obat, seperti antidepresan, penstabil suasana hati, dan obat antipsikotik, dapat meredakan gejala yang terkait dengan gangguan yang menyertainya termasuk kecemasan, depresi dan gangguan suasana hati lainnya.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life