Home » Sunat Massal Warnai Semarak Imlek 2575 Kongzili

Sunat Massal Warnai Semarak Imlek 2575 Kongzili

by Junita Ariani
2 minutes read
Pusat Bimbingan dan Pendidikan (Pusbimdik) Khonghucu Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Agama (Kemenag) menggelar sejumlah acara memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili.

ESENSI.TV - JAKARTA

Pusat Bimbingan dan Pendidikan (Pusbimdik) Khonghucu Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Agama (Kemenag) menggelar sejumlah acara memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili.

Salah satunya adalah menggelar sunatan massal gratis yang diikuti puluhan anak yatim dan kurang mampu.

“Ada sejumlah acara yang kita gelar menyambut Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili. Akhir pekan ini, kita akan menggelar sunatan massal di gedung Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta Pusat,” terang Kepala Pusbimdik Khonghucu Susari di Jakarta, Sabtu (10/2/2024).

Dalam acara sunatan massal ini juga siapkan bingkisan untuk mereka bawa pulang setelah acara,” sambungnya.

Menurut Susari, pihaknya menggandeng Ditjen Bimas Islam untuk merekrut puluhan peserta sunatan massal. Untuk pelaksanaannya, Pusbimdik bekerja sama dengan para dokter dan tenaga kesehatan yang bertugas di Klinik Pratama Kementerian Agama.

“Ini bagian dari kepedulian sosial umat Khonghucu dalam menyambut tahun baru Imlek 2575 Kongzili,” sebut Susari.

Susari juga mengatakan, sejumlah rangkaian acara telah digelar untuk memeriahkan Imlek tahun ini. Rangkaian itu sudah berlangsung sejak 1 Februari 2024, diawali dengan pemasangan reklame tahun baru Imlek di sejumlah lokasi, pusat dan daerah.

“Umat Khonghucu bersama Pusbimdik juga menggelar Bakti Sosial Hari Persaudaraan Manusia pada 3 Februari di Curug Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Dua hari berikutnya, ada pembagian Kue Keranjang di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta,” sebutnya.

Baca Juga  Jaksa Agung Minta Puspenkum Publikasikan Kinerja Kejagung kepada Masyarakat

Lomba Karya Jurnalistik

Pusbimdik juga mengadakan lomba Karya Jurnalistik Jawa Tengah. Pendaftaran dibuka dari 6-10 Februari 2024. Pusbimdik telah menyiapkan hadiah mencapai Rp50 juta untuk dua kategori: media cetak dan online, serta media televisi, radio dan foto.

“Pusbimdik bersama umat Khonghucu juga telah menggelar Sembahyang Syukur Pergantian Tahun Kongzili pada 9 Februari 2024 di Litang MAKIN Segar Cilodong. Hari ini, digelar kemeriahan aambut Imlek di Kelenteng Kong Miao TMII,” papar Susari.

“Puncak Perayaan Nasional Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili digelar 12 Februari 2024, di Balai Samudera, Jakarta Utara. Pemimpin dan tokoh nasional dijadwalkan hadir, termasuk Gus Men Yaqut Cholil Qoumas,” tandasnya.

Perayaan Imlek 2575 Kongzili mengangkat tema, “Malu ketika tidak mengenal rasa malu, membuat orang tidak menanggung malu”.

Tema ini bermaksud mengingatkan umat akan pentingnya memiliki rasa malu. Malu berkata tidak jujur, malu melihat hal yang tidak pantas, malu mendengar hal yang tidak baik, malu mengambil sesuatu yang bukan miliknya. Dan, malu untuk berbuat sesuatu yang tidak benar. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life