Home » Tenaga Kerja di Indonesia dan Upaya Untuk Menjawab Segala Tantangan

Tenaga Kerja di Indonesia dan Upaya Untuk Menjawab Segala Tantangan

by Administrator Esensi
1 minutes read
Repnas Prabowo-Gibran

ESENSI.TV - JAKARTA

Saat ini, perekonomian Indonesia ditopang oleh permintaan domestik yang ditunjukkan oleh Indeks Keyakinan Konsumen dalam pertumbuhannya.

Pertumbuhan ekonomi yang kuat tentu membutuhkan faktor-faktor dan struktur yang utama. Di antaranya adalah terciptanya tenaga kerja yang kompetitif dan optimalnya digitalisasi agar sasaran pertumbuhan ekonomi dapat tercapai secara cepat.

Hal ini disampaikan langsung oleh Dewan Pakar TKN, Harizah P. Mangkunegara dalam acara Talkshow Relawan Pengusaha Muda Nasional Indonesia Maju yang diselenggarakan pada hari Selasa (05/12/2023).

Dalam pemaparannya, Harizah menjelaskan bahwa perekonomian Indonesia pada Triwulan III tahun 2023 mengalami pertumbuhan sebesar 4,49% (yoy).

Ia juga mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia membutuhkan beberapa poin agar senantiasa tumbuh dan berkelanjutan.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia itu bisa kuat bila capaian seperti ekonomi yang kuat, berkelanjutan, imbang, dan inklusif dilakukan sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan tersebut,” jelasnya.

Landasan Pertumbuhan Ekonomi

Seperti yang kita ketahui, pertumbuhan ekonomi yang amat beragam berlandaskan atas beberapa sektor, seperti industri pengolahan, pariwisata, pertanian dan perikanan, serta ekonomi hijau.

Baca Juga  Proyeksi IMF: Ekonomi Global Masih di Zona Positif Tahun 2023

Harizah menjelaskan bahwa tenaga kerja menjadi salah satu aspek untuk membantu tumbuhnya perekonomian Indonesia.

“Jadi adanya tenaga kerja itulah yang membuat perekonomian menjadi baik. Tenaga kerja yang diharapkan pun memiliki kualitas yang baik, kompetitif, serta memiliki kompetensi yang mumpuni,” terangnya.

Ia juga menerangkan bahwa tenaga kerja atau sumber saya manusia senantiasa melakukan segala pengembangan guna menyempurnakan kualitas dari sumber daya manusia itu sendiri.

“Beberapa hal atau upaya yang dapat dilakukan untuk pengembangan ketenagakerjaan di Indonesia yaitu dapat melakukan revitalisasi kebijakan vokasi, penyempurnaan regulasi, pembinaan hubungan industrial, pengawasan ketenagakerjaan, serta melakukan perlindungan terhadap tenaga kerja,” paparnya.

Ia berharap dengan adanya kebijakan-kebijakan yang dilakukan serta upaya yang senantiasa diterapkan pada sumber daya manusia dapat menjawab berbagai tantangan di Indonesia khususnya ketenagakerjaan untuk menopang perekonomian Indonesia.

 

 

Editor: Raja H. Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life