Home » Tetap Sehat Selama Bulan Ramadhan, Yuk Lakukan Cara Ini!

Tetap Sehat Selama Bulan Ramadhan, Yuk Lakukan Cara Ini!

by Administrator Esensi
2 minutes read
Hidup Sehat Selama Berpuasa

ESENSI.TV - JAKARTA

Bulan Ramadhan menjadi bulan sakral bagi umat Islam dalam melaksanakan ibadah. Pada saat Ramadhan, umat islam diharuskan menahan rasa lapar dan juga haus selama kurang lebih 12 jam lamanya. Akibatnya, kondisi tubuh menjadi tidak teratur karena berubahnya pola metabolisme tubuh sehari-hari.

Kebutuhan energi saat berpuasa terpenuhi karena dilaksanakannya sahur. Namun, hal ini juga menyebabkan pola tidur yang tidak teratur sehingga menyebabkan mudah lelah dan mengantuk.

Hal ini tentu menganggu kesehatan manusia karena berubahnya pola makan dan pola tidur. Selama sebulan umat Islam harus beradaptasi dengan hal tersebut.

Menjaga Kesehatan selama Berpuasa

Mengatasi hal tersebut, beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan meskipun kita sedang menjalankan puasa. Simak lebih lanjut, yuk!

Menjaga Pola Makan

Saat berpuasa, kita juga harus mengatur pola makan, ya! Makan berbuka maupun sahur secukupnya untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda. Hindari makan yang mengandung lemak dan minyak berlebih saat menyantap makan sahur karena akan menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah.

Selain itu, makanlah secukupnya saat berbuka untuk menghindari isi perut yang sesak. Selama 12 jam perut tidak terisi oleh makanan. Sehingga, sebagai adaptasi saat berbuka baiknya makan perlahan dan secukupnya dan mengandung gula alami seperti kurma untuk mengganti kadar gula yang berkurang.

Saat berbuka dan sahur juga penuhi gizi secara seimbang. Yaitu makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan juga nutrisi serat yang cukup.

Memenuhi Cairan Tubuh Selama Berpuasa

Saat berpuasa, tubuh kita tentu saja kekurangan cairan. Untuk menggantinya, kita harus rajin mengonsumsi air mineral setelah berbuka puasa maupun saat sahur. Dikutip dari Kementrian Kesehatan, sebaiknya kita minum air 8 gelas setiap harinya.

Baca Juga  Daftar Wilayah Kena Ancaman Ombak Perairan Tinggi

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein juga sebaiknya dihindari. Hal ini dikarenakan minuman tersebut dapat menyebabkan seringnya buang air kecil, sehingga cairan dalam tubuh lebih cepat berkurang.

Tetap Beraktivitas Selama Berpuasa

Meskipun berpuasa, kita tidak boleh bermalas-malasan. Lakukanlah berbagai aktivitas seperti biasa seperti berolahraga minimal 30-40 menit untuk tetap menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Olahraga yang dilakukan tidak perlu berat, asalkan badan tetap bergerak dan mengeluarkan keringat untuk menjaga kesehatan.

Aktivitas yang bisa dilakukan saat berpuasa seperti bersepeda, workout ringan, jalan pagi, yoga, atau pilates yang tidak menyebabkan badan mudah lelah. Karena kita juga harus menjaga kestabilan tubuh meskipun berpuasa.

Mengonsumsi Vitamin

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan selain makan dengan gizi seimbang adalah dengan mengonsumsi vitamin ataupun suplemen yang berguna utuk meningkatkan zat besi maupun vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh selama berpuasa.

Istirahat yang Cukup

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan kuat saat berpuasa, kondisikanlah tubuh kita untuk beristirahat lebih awal. Karena saat berpuasa, kita harus bangun untuk melaksanakan sahur. Jadi, usahakan untuk tidur lebih cepat jika tidak ada hal lain yang ingin dilakukan. Selain menjaga kesehatan, ini juga berguna untuk mengurangi rasa kantuk saat beraktivitas selama berpuasa.

Itulah cara-cara yang dapat di lakukan sebagai panduan menjaga kesehatan selama berpuasa. Yuk, sama-sama kita terapkan dengan baik untuk Ramadhan yang lebih sehat!

Editor: Nabila Tias Novrianda

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life

Pagespeed Optimization by Lighthouse.